Navigate / search

109 MAHASISWA/I PENDIDIKAN GURU PAUD STKIP SANTU PAULUS RUTENG MAGANG DI 27 PAUD (TK/RA)

Sebanyak 109 mahasiswa/mahasiswi tingkat IV Semester Delapan, Program Studi Pendidikan Guru PAUD Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, Manggarai, NTT melakukan magang  di 27 PAUD (TK/RA) di tiga kabupaten yaitu  Manggarai (14 sekolah), Manggarai Barat (5 sekolah) dan  Manggarai Timur (8 sekolah). Pada semester ini, para mahasiswa melakukan kegiatan magang kedua (Magang Dua), setelah pada semester lima yang lalu para mahasiswa telah melakukan magang pertama (Magang Satu) selama dua minggu.

Magang dua ini berlangsung selama satu bulan yakni mulai tanggal 5 Februari 2018  hingga 3  Maret  2018. Para mahasiswa pada hari Senin, 5 Februari  telah diutus ke sekolah-sekolah untuk mulai melakukan kegiatan magang 2. Mahasiswa peserta magang dua di empat (4) PAUD (TK/RA) yang ada di kota Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat mengungkapkan bahwa pada hari Senin, 5 Februari 2018 telah dilaksanakan seremoni penyerahan secara resmi para mahasiswa peserta magang dua. Para mahasiswa peserta magang dua didampingi oleh dua orang Dosen Pendamping Magang (DPM) yakni Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd sebagai DPM untuk mahasiswa kelompok kerja magang di TK Santa Angela dan TK Ade Irma dan Fransiskus De Gomes, S.Fil,M.Pd sebagai DPM untuk para mahasiswa kelompok kerja magang di TK Pembina dan PAUD Sta. Familia. Keempat TK ini menerima mahasiswa peserta magang 2 dengan senang hati. Hal ini terungkap dari ungkapan hati  pada saat penerimaan mahasiswa kelompok kerja magang dua oleh Suster Dharna, OSU (Kepala Sekolah TK St. Angela) dan Suster Diana, SSpS (Kepala Sekolah TK Ade Irma); Ibu Aqualina Bahang, S.Pd (Kepala Sekolah TK Pembina); Sr. Ronelyn Pancho, SDV (Kepala Sekolah PAUD Sta. Familia).  Para kepala sekolah ini mengungkapkan bahwa  kehadiran para mahasiswa peserta magang 2 dari Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng tentu sangat membantu pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran serta kegiatan ekstrakurikuler lainnya di TK/PAUD yang mereka asuh. Selain itu, mereka mengharapkan bahwa program magang ini kiranya menjadi awal untuk sebuah kerja sama antara  lembaga TK/PAUD yang mereka pimpin dengan Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng.

Ibu Theresia A. Sum, M.Pd, Ketua Panitia Magang dua dalam laporanya menyampaikan Magang Dua di sekolah-sekolah PAUD (TK/RA) yang mencakup tiga kabupaten. Ia mengatakan sebelum diutus ke tempat magang,  para mahasiswa selama bulan Januari 2018 memulai proses persiapan di kampus seperti pembekalan, pelatihan penyusunan program kerja serta perangkat pembelajaran PAUD. Magang Dua ini dilaksanakan untuk melatih mahasiswa menjadi asisten guru. Mahasiswa magang dua mesti mengkontekstualkan proses pembelajaran dalam kelas agar siswa mudah memahami pelajaran. Selain itu, mahasiswa harus terampil dalam mengelolah kelas, sehingga proses pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan. Dengan itu, karakteristik pembelajaran untuk konteks anak usia dini yakni belajar sambil bermain dapat  terwujud dengan baik.

Romo Stephanus Turibius Rahmat Pr, Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD berpesan kepada seluruh mahasiswa yang turun magang, agar tetap menjaga etika dalam berbahasa baik dengan pihak sekolah, siswa, maupun dengan lingkungan  masyarakat agar kemitraan kampus dengan sekolah tetap terjaga. Oleh karena itu, Romo Stefan sangat mengharapkan agar para mahasiswa Magang Dua mesti menerapkan secara benar empat kompetesi dasar yang dimiliki oleh seorang guru, mulai dari kompetesi pedagogik, kepribadian, profesional,  dan sosial. Para mahasiswa yang melaksanakan program magang dua ini akan mengalami secara langsung iklim pembelajaran di 27 PAUD (TK/RA) yang ada. Selama kegiatan magang dua, para mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan para siswa PAUD (TK/RA), para guru dan masyarakat. Program magang dua yang dijalankan para mahasiswa program studi ini akan berjalan lancar karena ada pendampingan dari para kepala sekolah di tempat pelaksanaan magang. Selain itu, para mahasiswa akan didampingi secara khusus oleh para guru pembimbing magang (GPM).  Pada pertengahan Februari 2018 (19-23 Februari 2018) para mahasiswa peserta magang 2 akan dimonitoring oleh para Dosen Pembimbing Magang dua untuk menilai kinerja dan mengevaluasi keterlaksanaan program magang dua. Kegiatan magang dua akan berakhir pada tanggal 3 Maret 2018. Pada saat itu, Dosen Pembimbing Magang akan melakukan acara penarikan mahasiswa peserta magang secara resmi untuk kembali kampus. Program magang dua akan berjalan sukses jika ada kerja sama antara Program Studi Pendidikan Guru PAUD, para mahasiswa peserta magang dan para guru di sekolah pelaksanaan magang. Selamat menjalankan program magang dua untuk seluruh mahasiswa tingkat IV Semester 8.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peliput : Walde Panul – Mahasiswa Magang di TK Sta. Angela – Labuan Bajo

Editor : Romo Stephanus Turibius Rahmat, Pr

Descargar musica