Navigate / search

BIMTEK Penguatan Kompetensi Dosen PG PAUD se-Indonesia

Pada tanggal, 5–8 Agustus 2017 telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Swiss Bel-Batam-Kepulauan Riau. BIMTEK ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi-Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi yang bekerjasama dengan Asosiasi Program Studi PG PAUD Indonesia.
Kegiatan BIMTEK ini dilaksanakan atas dasar suatu pemikiran bahwa Program Studi Pendidikan Guru PAUD sudah sekian lama berdiri di berbagai perguruan tinggi, namun hingga sekarang upaya pemerintah dalam membina kemampuan akademik dan profesional para dosen PG PAUD masih sangat minim. Upaya-upaya pembinaan dalam bentuk pelatihan yang bersifat pengayaan (enrichment training) masih sangat jarang dilakukan, terlebih lagi pelatihan yang berupa peningkatan kualifikasi dosen PG PAUD (qualification training). Pada umumnya, para dosen PG PAUD tidak berkualifikasi pendidikan khusus di bidang pendidikan anak usia dini. Para dosen PG PAUD masih ada yang berlatar belakang pendidikan yang beraneka ragam dalam subyek keilmuan. Jika tidak ada upaya-upaya pembinaan profesional khusus di bidang pendidikan anak usia dini terhadap dosen-dosen PG PAUD, maka praktik-praktik pembelajaran yang dibinannya dikhawatirkan tidak selaras dengan konsep dan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Akibatnya, apa yang disampaikan dosen tidak memenuhi kebutuhan perkembangan anak.
Akhir-akhir ini, perkembangan pendidikan anak usia dini begitu pesat sehingga berbagai temuan dan pembaharuan dalam bidang pendidikan ini sudah banyak diperoleh. Hal ini berimplikasi pada perlunya upaya reorientasi dan revitalisasi para tenaga dosen PG PAUD. Dengan demikian, para dosen PG PAUD dapat mengadaptasikan dengan perkembangan dan temuan-temuan terkini dalam bidang pendidikan anak usia dini. Hal ini tentu sangat membantu para dosen PG PAUD untuk membina dan mendampingi para mahasiswa calon guru PAUD supaya kelak sungguh menjadi pendidik yang mengenal dan memahami perkembagan anak usia dini.
Atas dasar itulah, maka kegiatan BIMTEK Penguatan Kompetensi Dosen PG PAUD merupakan suatu keniscayaan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan utnuk meningkatkan kompetensi para dosen PG PAUD berkenaan dengan pemahaman tentang konsep dan penyelenggaraan PAUD; mendorong para dosen PG PAUD untuk mengidentifikasi kebutuhan dan pengembangan kurikulum yang berlaku di PAUD; dan membantu para dosen PG PAUD untuk melakukan refleksi dan peningkatan kualitas dalam mendesain dan mengelola program pembelajaran di Program Studi PG PAUD yang ada di setiap perguruan tinggi, serta dalam jangka panjang melalui kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan mutu dalam proses perkuliahan di Program Studi PG PAUD dan pada akhirnya berdampak positif bagi peningkatan mutu lulusan PG PAUD se-Indonesia.
Untuk memenuhi harapan seperti ini, maka Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng mengutus dua (2) orang dosen yang tidak berkualifikasi akademik PAUD yakni Stephanus Turibius Rahmat (Teknologi Pembelajaran) dan Fransiskus De Gomes (Bimbingan Konseling). Program studi memandang perlu untuk terlibat dalam kegiatan bimbingan teknis ini supaya dosen PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng yang tidak berlatar belakang pendidikan PAUD juga memiliki kompetensi yang cukup untuk mempersiapkan para mahasiswa calon guru PAUD. Kegiatan pelatihan selama beberapa hari ini didesain dalam bentuk presentasi berupa pengkajian tentang konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD, kajian tentang karakteristik pembelajaran di PAUD, pengembangan karakter dosen PG PAUD; Konsep Dasar PAUD; Kurikulum PAUD; Bermain dan Permainan PAUD; Media dan Sumber Belajar PAUD; dan Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Kajian teoretis ini juga dilengkapi dengan simulasi berupa pelatihan untuk memperkuat pemahaman peserta pelatihan. Selain itu, para peserta pelatihan juga terlibat dalam diskusi kelompok (focus group discussion). Para peserta juga melakukan observasi ke beberapa PAUD yang ada di Kota Batam yakni PAUD Nabilah dan PAUD Kristen Kalam Kudus 2 Batam. Pada saat observasi ini, para peserta berusaha untuk mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan dan kebutuhan pengembangan PAUD di Indonesia serta memformulasikan rencana aksi ke depan.
Kegiatan BIMTEK ini dibuka secara resmi oleh Kasubdit Direktorat Karir dan Kompetensi SDM Kemenristek Dikti sekaligus membawakan materi tentang informasi Kebijakan Direktorat Karir dan Kompetensi SDM. Kegiatan BIMTEK ini difasilitasi oleh sejumlah narasumber yakni (1) Dr. Ernawulan Syodih, M.Pd dari UPI tentang Orientasi Pelatihan; (2) Pengembangan Karakter Dosen PG PAUD oleh Dr. Siti Aisyah, M.Pd (UT); (3) Konsep Dasar PAUD oleh Drs. I. Wayan Sutama, M.Pd (UM); (4) Media dan Sumber Belajar di PAUD oleh Dr. Bachtiar S. Bahri, M.Pd (Unesa); (5) Kurikulum PAUD oleh Dr. Rahcma Hasibuan, M.Pd (Unesa); (6) Bermain dan Permainan PAUD oleh Poppy Nugraha, S.Pd (IGTKI); (7) Pengembangan Seni Anak Usia Dini oleh Joko Pamungkas, M.Pd (UNY). Kegiatan ini diakhiri dengan observasi ke beberapa PAUD yang ada di Kota Batam dan simulasi pembelajaran PAUD serta identifikasi kebutuhan PAUD berdasarkan kebutuhan lapangan.
Peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 48 orang. Pada awalnya peserta yang terdaftar berjumlah 58 orang, tetapi ada 13 orang peserta yang tidak hadir tanpa alasan. Kegiatan BIMTEK ini ditutup secara resmi oleh Prof Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, MA selaku Direktur Karier dan Kompetensi SDM. Para peserta BIMTEK merasa bersyukur karena mendapat kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan seperti ini serta bertekad untuk terus meningkatkan kompetensi sebagai Dosen PG PAUD. Para peserta juga berjanji untuk memperbaiki praktik-praktik pembelajaran yang selama ini cenderung tidak mempersiapkan para mahasiswa calon guru PAUD dengan praktik-praktik pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak.***Stephan Rahmat

Descargar musica