Navigate / search

BULAN KREATIVITAS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU PAUD DIISI DENGAN BERBAGAI PERLOMBAAN

Program Studi Pendidikan Guru PAUD (Prodi PG PAUD) mengadakan berbagai perlombaan dalam menyambut bulan kreativitas mahasiswa. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Romo Stef Rahmat, selaku ketua Prodi PG PAUD pada Sabtu, 14 Oktober 2017 di aula Van Roosmalen 12 STKIP Santu Paulus Ruteng. Hadir dalam pembukaan para dosen dan pegawai serta mahasiswa Prodi PG PAUD. Dalam sambutannya, Romo Stef menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah lama dirancang. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk kreatif dan menyalurkan semua bakat dan kemampuannya melalui perlombaan di tingkat program studi dengan melibatkan mahasiswa tingkat I sampai IV.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa terlaksananya bulan kreativitas mahasiswa sebagai kesempatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat dalam banyak hal terutama dalam pembelajaran anak usia dini. Selain itu, melalui kegiatan ini mahasiswa dipersiapkan supaya dapat berpartisipasi dalam aneka perlombaan kreativitas mahasiswa baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Sebagai contoh, pada tahun ini ada kegiatan olimpiade kreativitas mahasiswa seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang, namun program studi kita tidak bisa berpartisipasi karena mahasiswa kita belum dipersiapkan dengan baik sehingga kegiatan ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri.

Melalui tema “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Guru PAUD Berbasis Kearifan Lokal Manggarai”, berbagai jenis lomba diarahkan untuk mengembangkan kreativitas para mahasiswa dengan memerhatikan budaya Manggarai. Tema ini sengaja diangkat dengan tujuan agar dapat menggali dan menghidupkan kembali kearifan lokal Manggarai. Selain itu mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang lebih luas  dan lengkap tentang kearifan lokal karena program studi selalu menyiapkan  kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk berkreasi. Lomba membuat Alat Permainan Edukatif (APE), Gerak dan Lagu, Mendongeng, KTI, Tarian Tradisional, Pengolahan dan Penyajian Makanan Lokal dan Vokal Group merupakan delapan mata lomba yang diadakan kali ini.

Lomba membuat APE menjadi lomba pembuka yang dikuti oleh 10 kelas dengan melibatkan tiga juri, yaitu Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd., Beata Palmin, M.Pd.,  dan Fatima M. Angkur, M.Pd.

 

 

Peliput dan Penulis : Gery Adam dan Frans De Gomes

Editor                         : Ayu Anwar

Descargar musica