Navigate / search

Evaluasi Magang 1, Gomes: “Menilai, Melihat Kembali dan Memperbaiki Kegiatan Magang Selanjutnya”

Pelaksanaan Magang 1 mahasiswa semester enam Prodi PG PAUD tahun 2019 telah berakhir pada Sabtu (13/4/2019). Setelah melaksanakan magang selama dua minggu, Sabtu (27/4/2019) pukul 08.30, bertempat di Aula Van Roosmalen 12 diadakan evaluasi terkait pelaksanaan magang 1. Hal-hal yang dievaluasi meliputi tahap persiapan (pendaftaran dan pembekalan), pelaksanaan, evaluasi internal dengan DPM dan penyusunan laporan serta harapan untuk pelaksanaan magang berikutnya.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dipimpin oleh Avelinda Enitrin dan doa oleh Sr. Evarista Madus. Selanjutnya, Romo Stephanus T. Rahmat (Romo Stera), ketua panitia magang 1 tahun 2019 menyampaikan kata pengantar terkait kegiaan magang 1. Romo Stera mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir pada pelaksanaan evaluasi, baik para dosen pembimbing lapangan (DPM) maupun mahasiswa.

“Terima kasih untuk kehadiran kita semua. Bagi yang tidak hadir evaluasi tentu saja penilaiannya berbeda. Segala kegiatan perlu dievaluasi. Evaluasi ini mulai dari persiapan, pembekalan, pelaksanaan, evaluasi dan pengumpulan laporan. Mahasiswa fokus membuat laporan. PkM dan berita di website wajib dibuat.”

Lebih lanjut beliau sampaikan, “Calon guru wajib menarasikan suatu kegiatan. Menuliskan kembali apa yang sudah dibuat, termasuk menarasikan keunggulan dan kekurangan tempat magang.”

Sebagai penutup, Romo Stera menyampaikan, “Rencanakan apa yang Anda kerjakan, kerjakan apa yang Anda rencanakan, dan tulis apa yang Anda kerjakan.”

Selanjutnya, Bapak Fransiskus de Gomes (Pak Gomes), Kaprodi PG PAUD menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

“Kegiatan magang dimulai dengan perencanaan yang matang. Sejauh ini, sudah dilaksanakan dengan baik sampai evaluasi. Evaluasi merupakan aktivitas menilai, melihat kembali/memperbaiki kegiatan magang selanjutnya. Evaluasi secara keseluruhan melalui format yang sudah dibagikan oleh DPM pada setiap kelompok. Selain itu, mahasiswa mendeskripsikan keunggulan/kelebihan yang bisa dibagikan dan catatan yang harus dipenuhi di tempat magang tersebut. Karena bisa jadi sekolah yang sama akan menjadi tempat magang 2.”

Di akhir sambutan, Pak Gomes mengucapkan terima kasih kepada panitia dan berharap, peserta magang mendapatkan pengalaan yang bermanfaat selama kegiatan magang.

Selanjutnya, setiap kelompok magang menyampaikan laporan terkait evaluasi magang1. Beberapa masukan yang disampaikan di antaranya: terkait pembekalan, dikatakan terlalu singkat waktunya sementara materinya banyak dan fokus peserta magang hanya meringkas materi sehingga sedikit sekali pertanyaan yang diajukan. Mahasiswa menyarankan supaya waktu pembekalan ditambahkan.

Selanjutnya, terkait pelaksanaan disarankan supaya dilaksanakan pada bulan Februari atau Maret karena biasanya di akhir semester sekolah sangat sibuk dengan persiapan berbagai kegiatan dan persiapan kenaikan kelas.

Keluhan terkait waktu pembekalan, panitia mempunyai alasan yang jelas. Hal ini disampaikan oleh sekretaris panitia, Bapak Gervasius Adam.

“Dalam perencanaannya kegiatan pembekalan diadakan selama dua hari. Namun karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan dan ruangan yang akan dipakai untuk pembekalan digunakan untuk kegiatan institusi, maka panitia memutuskan untuk memadatkan pembekalan menjadi satu hari saja.”

Evaluasi umum magang 1 ini diakhiri dengan perayaan ekaristi di kapel agung STKIP St. Paulus Ruteng dan makan siang bersama di aula Van Roosmalen 12.

 

Foto-foto:

Descargar musica