Navigate / search

Magang 1 di TK Negeri Reo, Mahasiswa: “Profesi Guru Bukan Sekadar Karir Melainkan Pengabdian”

Kegiatan magang 1 di TK Negeri Reo, Lingkungan Bari, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai mulai dilaksanakan pada Senin (16/4/2018).

Para peserta magang atas nama Mersi L. Pongkiding, Benedikta V. Jurhaman, Yuliana Artika, dan Efradiana Sartika didampingi dosen pembimbng magang, Theresia A. Sum, M.Pd.  disambut oleh Ibu Maya selaku guru menggantikan Kepala Sekolah yang sedang mengikuti rapat dinas di Ruteng.

Ibu Theresia menyampaikan  harapan agar para guru di TK Negeri Reo dapat membimbing para mahasiswa.

Hal ini diaminkan Ibu Maya, “Baiklah kita saling mengisi, saling bertukar pikiran, kami membantu adik-adik mahasiswa dan begitu pula sebaliknya.”

Kegiatang Magang 1 ini akan dilangsungkan selama dua minggu (16 April 2018 – 27 April 2018) dengan kegiatan utama yaitu observasi yang berkaitan dengan kultur dan manajemen sekolah.

Meskipun demikian, peserta magang juga diarahkan untuk memiliki beberapa kegiatan tambahan demi terjalinnya kerja sama yang baik dengan pihak sekolah serta menambah pengetahuan dan keterampilan guru dan mahasiswa.

Beberapa kegiatan yang ditawarkan adalah membantu guru membersihkan kelas dan seluruh halaman sekolah, mendampingi anak dalam kegiatan baris berbaris, mengajarkan anak senam sehat ceria serta membantu guru dalam menyediakan media pembelajaran.

Peserta magang menyadari bahwa dalam melaksanakan magang tidak hanya mengerjakan item-item dari instrumen observasi, akan tetapi bagaimana membangun relasi dan kerja sama yang baik dalam setiap aktivitas.

Mersi, salah satu peserta magang menyampaikan, “TK Negeri Reo ini masih sangat sederhana dan masih sangat terbatas dalam hal fasilitas dan media pembelajaran. Namun, sekolah ini memiliki guru-guru yang tidak pernah kekurangan akal untuk berkreasi, sehingga menghasilkan kreativitas yang dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak.”

Kesan serupa disampaikan oleh Yane, salah satu peserta magang. Yane menyatakan, “Para guru di TK Negeri Reo bahkan rela mengeluarkan uang sendiri untuk menyediakan media pembelajaran.”

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama berada di TK Negeri Reo, para peserta magang melihat bahwa para guru menyadari profesinya sebagai suatu pengabdian bukan hanya sebagai karir semata.

Para mahasiswi peserta magang mengaku merasa senang bisa ditempatkan di TK Negeri Reo karena banyaknya pengalaman berharga yang mereka pelajari.

 

Peliput dan Penulis : Mersi L. Pongkiding (Mahasiswa Tingkat 3C Prodi PG PAUD)

Editor : Ayu Anwar

Foto-foto:

Descargar musica