Magang 2 di TKK Wejang Asi, Maria Goreti: “Sebelum Berada di Depan Anak-Anak, Lakukan Latihan di Depan Cermin”

Penyerahan mahasiswa magang 2 sebanyak lima orang di TKK Wejang Asi Mano, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur dilaksanakan pada Senin (5/2/2018).

Tujuan dari kegiatan magang 2 adalah untuk memantapkan kompetensi mahasiswa magang dalam menyusun atau merancang perangkat pembelajaran, mengembangkan media, materi dan alat evaluasi.

Selama satu minggu pertama, mahasiswa magang melakukan pengamatan terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pada Sabtu (10/2/2018) peserta magang melaksanakan senam ceria bersama dan menyanyikan lagu MARS PAUD. Anak-anak terlihat senang dan ceria selama kegiatan berlangsung.

Penyusunan perangkat pembelajaran untuk digunakan dalam pembelajaran mulai  dilaksanakan pada Senin (12/2/2018) dibantu oleh Guru Pembimbing Magang. Perangkat pembelajaran berupa RPPH dan media dibuat sesuai dengan tema dan subtema pembelajaran.

Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah merayakan valentine. Valentine yang seharusnya dirayakan pada tanggal 14 Februari baru dirayakan oleh anak-anak TKK Wejang Asi pada Sabtu (17/2/2018).

Anak-anak datang ke sekolah sambil membawa kado. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu ceria anak, kemudian salam persahabatan dan diakhiri dengan tukar kado. Elan, salah satu anak TKK yang berusia 5 tahun menyampaikan, “merayakan hari Valentine yaitu berbagi kasih dan lebih menyayangi teman.”

Selanjutnya, kegiatan jalan sehat ke Pong Dode—hutan lindung yang berada tepat di depan biara susteran CB—diadakan pada Sabtu (24/2/2018). Anak-anak berjalan sambil tertawa riang didampingi oleh mahasiswa magang dan para guru.

Pelajaran penting yang dapat dipetik dari kegiatan ini yaitu mengajarkan kepada anak tentang pentingnya olahraga demi kesehatan dan siap siaga menjaga hutan lindung sebagai sumber mata air kehidupan.

Setelah melaksanakan kegiatan magang 2 selama satu bulan, pada Sabtu (3/3/2018) Ibu Elisabeth Sarinastitin selaku dosen pembimbing magang melakukan penarikan mahasiswa magang 2.

Maria Goreti, salah satu mahasiswa magang menyampaikan kesannya tentang magang 2 di TKK Wejang Asi Mano.

“Terlihat mudah menjadi seorang guru TKK. Padahal tidak. Ada begitu banyak keterampilan dan kompetensi yang perlu dilatih. Anak usia dini berbeda dengan anak usia SD. Anak usia dini polos dan apa adanya. Namun satu hal yang pasti sebelum berada di depan anak-anak, lakukan latihan di depan cermin,” ungkapnya sambil tertawa.

 

Peliput dan Penulis : Mahasiswa Magang 2 di TKK Wejang Asi Mano

Editor : Ayu Anwar

 

Foto-Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *