Navigate / search

Magang I Menjadi Momen Mempersiapkan Guru PAUD yang “Kaya”

Mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Guru PAUD atas nama  Melania Marsela Kongen, Rafaela Triani, Hermeni Vilania Mun, Yulita Beatrix, dan Maria Patriana Velin melaksanakan Program Magang I di PAUD Santa Juliana Golo Bilas.

“Magang merupakan momen untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antara mahasiswa peserta magang dengan para pendidik PAUD di sekolah mitra. Melalui kegiatan magang I, mahasiswa akan melaksanakan tiga kegiatan inti disekolah yaitu pengamatan langsung profil lembaga, kompetensi pendidik, dan pembelajaran di kelas. Melalui magang I mahasiswa juga dipersiapkan menjadi guru yang “kaya”. Tentunya, bukan kaya secara materi tetapi kaya akan pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap profesi sebagai guru PAUD nantinya”.

Hal ini disampaikan oleh Ibu Beata Palmin, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Magang (DPM) ketika melakukan penyerahan mahasiswa peserta magang pada Senin, (1/4/2019). Pada kesempatan yang sama DPM menyampaikan terimakasih kepada pihak sekolah yang diwakili oleh Suster Fabia yang telah menerima mahasiswa peserta magang dengan baik dan hangat. Selain itu, ada harapan yang disampaikan juga, yaitu semoga dengan kegiatan magang I, mahasiswa mampu berbagi pengetahuan, keterampilan,  dan pengalaman yang telah diperoleh di bangku kuliah. Sedangkan, kepada guru-guru di sekolah berbagi pengalamannya tentang kondisi riil di lapangan ketika berinteraksi dengan anak-anak. Semakin banyak hal yang dibagikan satu sama lain, maka akan semakin kaya mahasiswa ataupun guru dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Kegiatan magang I dilaksanakan selama dua minggu. Selama magang, peserta magang melaksanakan kegiatan tambahan yaitu membuat berbagai Alat Permainan Edukatif (APE). latihan senam ceria, gerak dan lagu serta penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan bersama para guru. Para peserta magang merasa bersyukur karena para guru sangat terbuka dan mau berbagi secara ikhlas ilmu yang mereka miliki, sehingga dapat memperkaya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Sedangkan para guru-guru juga sangat senang karena mereka dapat membuat sendiri APE, sehingga tidak perlu membeli, dan dapat menerapkan senam dan gerak lagu secara bervariasi.

Kegiatan magang I berakhir pada Sabtu (13/4/2019). Pada kesempatan tersebut DPM menyampaikan terima kasih mewakili Prodi PG PAUD kepada pihak sekolah, sekaligus menyampaikan harapan agar lembaga tersebut tetap menjadi mitra pada kegiatan magang selanjutnya.

 

Penulis: Melania M. Kongen

Editor: Beata Palmin

Descargar musica