Navigate / search

MAHASISWA PG PAUD MAGANG DI TK PERSATUAN REO

Mahasiswa Tingkat 4 Semester 7 Program Studi Pendidikan Guru PAUD melaksanakan Program Magang 2 di TK Persatuan Reo. TK Persatuan Reo terletak di Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai. TK Persatuan Reo berada di bawah naungan Yayasan Sukma Keuskupan Ruteng. Para mahasiswa Prodi PG PAUD yang melakukan program magang 2 TK Persatuan Reo adalah Emerensiana Purnawati Nanur, Reinildis Wista Amun, Matilda Ensiona Reni, dan Serlian Muliyati Sudin. Program magang 2 dilaksanakan sejak tanggal 29 Oktober 2018 – 30 November 2018. Akan tetapi, para mahasiswa secara resmi melakukan program magang 2 melalui acara penyerahan oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) pada hari Jumat, 2 November 2018.  Penyerahan mahasiswa program magang 2 dilakukan oleh oleh DPM yakni Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd. Acara penyerahan berlangsung di ruangan Kepala Sekolah TK Persatuan Reo.

Pada kesempatan penyerahan ini, DPM menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar TK Persatuan Reo yang telah bersedia menerima mahasiswa peserta magang 2. Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng melalui DPM menyerahkan secara resmi para mahasiswa untuk melaksananan program magang 2 di TK Persatuan Reo. Para mahasiswa kiranya memiliki hati yang bersedia untuk dibimbing serta diarahkan oleh para guru di TK Persatuan Reo. Ibu Yovita sebagai Kepala Sekolah TK Persatuan Reo dan para guru menyambut dengan baik dan penuh hangat para mahasiswa program magang 2. Para mahasiswa program magang 2 melaksanakan tiga kegiatan inti, menelaah perangkat pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran, dan membantu guru pendamping di kelas. Selain itu, para mahasiswa magang 2 melaksanakan kegiatan tambahan seperti senam ceria, Gerak dan lagu (Mars Paud), dan bakti sosial.

Setelah melaksanakan program magang 2 selama kurang lebih dua (2) minggu, pada hari Jumat, tanggal 16 November 2018, para mahasiswa mendapat kesempatan monitoring dan penilaian dari  DPM yaitu Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd. DPM melakukan monitoring dan penilaian terhadap mahasiswa peserta kelompok magang 2 di TK Persatuan Reo.  DPM melakukan kegiatan monitoring dan penilaian atas keterlaksanaan program kerja magang 2 yang dilakukan para nama yakni Emerensiana Purnawati Nanur, Reinildis Wista Amun, Matilda Ensiona Reni, dan Serliana Muliyati Sudin. Dalam kegiatan monitoring ini, DPM melakukan penilaian terhadap progres pelaksanaan magang 2 yang  dilakukan  para mahasiswa setelah dua minggu melakukan kegiatan magang. Penilaian yang dilakukan DPM berkaitan dengan dokumen telaahan RPPH, praktik mengajar sebagai asisten guru yang dilakukan mahasiswa dalam proses pembelajaran di kelas. DPL menilai bahwa terdapat kesesuain antara materi yang ada di RPPH yang dibuat oleh Mahasiswa dengan praktik mengajar dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, DPM menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran yang difasilitasi oleh para mahasiswa magang 2. Selama dua minggu, para mahasiswa berada di kelas untuk melaksanakan kegiaatan pengajaran sebagai asisten guru.

Setelah selama 1 (satu) bulan melaksanakan magang 2 di TK Persatuan Reo, para mahasiswa  harus mengakhiri kegiatan magang 2. Berakhirnya program magang 2 ini ditandai dengan acara penarikan secara resmi oleh DPM. Kegiatan penarikan ini dilaksanakan pada hari tanggal Jumat, 30 November 2018 yang bertempat di ruangan kepala sekolah TK Persatuan Reo. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Kepala Sekolah yaitu Ibu Yovita Setia, S.Pd.  Para kesempatan ini, ibu Yovita menyampaikan terima kasih terima kasih banyak kepada Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah mempercayakan lembaga TK Persatuan sebagai tempat bagi para mahasiswa untuk melaksanakan program magang 2. Menurut ibu kepala sekolah, kehadiran keempat mahasiswa ini telah membantu pelbagai macam kegiatan pendidikan dan ekstrakurikuler di lembaga TK Persatuan Reo. Para mahasiswa sudah menjalankan tugas dengan baik dan berhasil selama menjalankan kegiatan magang 2 di lembaga TK Persatuan Reo. Kepala Sekolah mengharapkan supaya kerja sama ini terus berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang. Sedangkan DPM menyampaikan  ucapan terima kasih kepada keluarga besar TK Persatuan Reo yang telah menerima para mahasiswa untuk menjalankan magang selama 1 bulan. Terima kasih juga untuk para guru pembimbing yang telah berjalan bersama mahasiswa program magang 2 dan telah dengan setia mendampingi dan membimbing para mahasiswa sehingga dapat menjalankan tugas sebagai asisten guru dengan baik.

Penulis : Emerensiana Purnawati Nanur

Edior : Stephanus T. Rahmat

Descargar musica