Navigate / search

Mahasiswa PG PAUD Semester VI Lakasanakan Magang I di TKK Santa Maria Fatima Cewonikit

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan peserta didik umumnya di luar jam belajar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar anak dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ekstrakurikuler dapat berbentuk seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan anak.

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilakukan TKK Santa Maria Fatima adalah permainan musik angklung. Kegiatan ekstrakurikuler ini menjadi ciri khas dari TKK Santa Maria Fatima.  Pada kesempatan ini, peserta magang I Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng berkesempatan terlibat dalam kegiatan ini. 

Bermain musik angklung dilatih ibu Marselina Erni dan semua guru yang berada di lembaga tersebut. Dalam permainan musik angklung ini anak yang terlibat berjumlah 17 orang. Kegiatan latihan musik angklung dilaksanakan di aula sekolah TKK Santa Maria Fatima setiap hari Jumat dan Sabtu. Latihan musik angklung dilakukan karena selain untuk membina minat dan bakat anak, juga untuk persiapan misa yang dilaksanakan pada Minggu,12 Mei 2019 di Gereja St. Vitalis Cewonikit.

Yuliana Maria Meida mewakili teman-teman mengakui sangat beruntung diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lebih lanjut Skolastika menjelaskan, “Saya baru pertama kali melakukan kegiatan bermain musik angklung, selama ini saya hanya melihat melalui TV ataupun gambar. Pada kesempatan ini saya merasa senang diberikan kesempatan untuk memegang dan memainkan alat musik angklung.” Hal serupa juga diakui Yuliana Nuhung, “Ini merupakan pengalaman baru yang sangat berkesan dan tak terlupakan bagi saya.”

Kepala Sekolah Sr.Maria Zita mengatakan, “Sejak lama angklung menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah kami. Melalui kegiatan ini kami mengajarkan anak untuk merasakan harmonisasi antara nada dan lagu. Permainan angklung yang dimainkan anak-anak akan mengiringi koor, pentas seni, dan upacara khusus lainnya baik di sekolah maupun di luar sekolah.”

 

Penulis : Skolastika Demis & Maria Y.V. Palma

Editor  : Emilia Graciela Mega Taran

 

Descargar musica