Navigate / search

Mahasiswa Prodi PG PAUD Megadakan Kegiatan LMKM

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD (Prodi PG PAUD) STKIP Santu Paulus Ruteng mengadakan Latihan Manajemen Kepemimpinan Mahasiswa (LMKM) guna mempersiapkan jebolan intelektualitas muda yang matang akan jiwa kepemimpinannya dalam mengelola organisasi serta mampu menciptakan karakter kepemimpinan yang tidak monoton demi progresivitas dan mampu menciptakan gebrakan-gebrakan baru dan perbaikan tatanan sosial dalam dunia kepemimpinan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (2/12/2017) di ruang UKM KSG AUD Prodi PG PAUD dari pukul 08.00–15.00.
Peserta kegiatan merupakan mahasiswa yang menjadi perangkat kelas dan seluruh pengurus HMPS yang berjumlah 150 oran. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua Prodi PG PAUD. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa pembukaan.

Kegiatan dibuka oleh ketua Prodi, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil., M.Pd. Romo Stef, demikian beliau disapa, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mahasiswa mengikuti kegiatan ini demi melatih mahasiswa menjadi pemimpin baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain yang akan dipimpin kelak. Kepemimpinan menurut ketua Prodi PG PAUD haruslah dimulai dari diri sendiri, mulai dengan mengatur diri sendiri kemudian mengatur orang lain.
Vitalis Tarsan, S.s., M.Pd. selaku pemateri pertama menyampaikan bahwa organisasi merupakan wadah seseorang dalam mengeksplorasi kemampuan-kemampuan yang dapat meumbuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan dan administrasi keorganisasian. Pastilah berbeda antara orang-orang organisatoris dengan orang yang tidak pernah sama sekali bergerak dalam dunia organisasi. Dalam hal ini peran mahasiswa sebagai kaum-kaum intelektual yang diharapkan menjadi penggagas perubahan (agent of change) sangat strategis. Oleh karenanya mahasiswa harus mempunyai kemampuan kepemimpinan yang mumpuni dalam artian mampu bersaing dan menggagas perubahan-perubahan yang menjadi solusi perbaikan bangsa lebih baik lagi. Kemampuan kepemimpinan yang mampu mengayomi sebuah organisasi dan seluruh anggota organisasi menjadi keharusan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Dalam menjalankan tugas kepemimpinannya juga perlu memperhatikan gaya dan pola administrasi organisasi yang dipimpinnya. Sebuah organisasi yang baik selain dipandang dari program-program kerja yang berhasil dicapainya juga administrasi yang tertib dan teratur. Bahkan jika dibayangkan berat sekali tugas seorang pemimpin, namun dalam melakukan tugas dan fungsinya untuk menjalankan berbagai program kerjanya seorang pemimpin dibantu oleh anggotanya. Terjalinnya koordinasi yang baik antara pemimpin dengan anggotanya dan anggota dengan sesamanya akan mendukung berjalannya seluruh program kerja.
Sementara itu, Jefrin Haryanto, M.Psi selaku pemateri kedua lebih menekankan pada kiat menggali potensi kerja dengan Hypno Leader. Hypnoleader adalah kemampuan memimpin yang melibatkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Hypnoleader merupakan menghipnotis/menidurkan atau mensugesti orang yang dipimpinnya agar menurut dan mengikuti serta melaksankan apa yang menjadi kesepakatan bersama dalam suatu lembaga agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Cara kepemimpinan ini merupakan cara yang unik, kreatif sekaligus imajinatif. Anak buah bekerja dalam keadaan fresh, emosional dan psikologis mereka tidak tidak luput dari perhatian serta suasana kerja dibuat menjadi menyenangkan. Pemimpin dituntut untuk selalu stabil baik secara emosi maupun psikologis, fresh dan siap memimpin. Selain itu, beliau juga menyampaikan sebagai guru PAUD, guru haruslah mengerti setiap karakter anak, setiap anak berbeda dengan segala keunikan dan kepintarannya yang harus selalu dipuji dan dihargai. Setiap anak tidak sama, sehingga cara dan pendekatannya berbeda satu dengan yang lain.
Kegiatan diakhiri dengan penyampaian ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Ketua Prodi PG PAUD, penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri dan ditutup dengan doa.

Peliput dan Penulis: Ani Sum dan Ayu Anwar
foto – foto kegiatan

Descargar musica