Navigate / search

MAHASISWA SEMESTER VI MAGANG 1 DI PAUD SANTO PIO LANGKE MAJOK

Mahasiswa Tingkat III Semester 6 Program Studi Pendidikan Guru PAUD melaksanakan Program Magang 1. Mahasiswa program studi PG PAUD yang melaksanakan program magang 1 berjumlah 126 orang. Salah satu kelompok kerja (SKK) magang 9 yang berjumlah lima (5) orang melaksanakan program magang 1 di PAUD Santo Pio Langke Majok, Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara. Para mahasiswa yang tergabung dalam SKK Magang 9 ini Gudelia Wusu, Vinsensiani Junita, Yohana K. Ursulina, Noviana Jimun, Rosyanti I. Setiawan.

Pada hari Senin, 16 April 2018 dilakukan acara penyerahan secara resmi para mahasiswa yang melaksanakan program magang 1 di PAUD Santo Pio Langke Majok. Penyerahan mahasiswa program magang 1 dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang yakni Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd. Acara penyerahan berlangsung di rumah Kepala Sekolah PAUD Santo Pio Langke Majok, Bapak Tomas Jelahu, S.Pd.

Pada kesempatan penyerahan ini, Romo Stef sebagai DPM menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar PAUD ST. Pio yang telah bersedia menerima para mahasiswa peserta magang 1. Saya sebagai Dosen Pembimbing Magang mewakili Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng menyerahkan para mahasiswa untuk dibimbing serta diarahkan oleh para di lembaga ini. Program magang 1 menjadi momen untuk belajar bagi para mahasiswa, kesempatan untuk berbagi kreativitas dan ilmu pengetahuan antara para mahasiswa dan para guru. Dengan itu, program magang ini menjadi berdampak positif bagi para peserta didik. Para mahasiswa melalui kegiatan observasi selama program magang 1 ini dapat memperoleh gambaran yang nyata tentang PAUD Santu Pio Langke Majok serta memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru untuk pembentukan diri selanjutnya sebagai calon pendidik PAUD.

Bapak Tomas sebagai Kepala Sekolah PAUD Santu Pio Langke Majok menyambut baik kehadiran para mahasiswa peserta magang 1 yang didampingi oleh Romo Stef. Para kesempatan ini, Bapak Tomas menyampaikan bahwa PAUD Santo Pio Langke Majok memiliki 2 orang tenaga pengajar. Hanya satu orang tenaga pendidik yang sudah berkualifikasi akademik S-1. Selain itu, Bapak Tomas menyampaikan harapan bahwa kegiatan magang 1 yang dilakukan oleh para mahasiswa kiranya dapat memberikan yang terbaik bagi Lembaga PAUD Santo Pio Langke Majok. Bapak Tomas berharap agar dalam melaksanakan proses magang selama dua minggu mahasiswa benar-benar mengikuti tata tertib, dan saling berbagi ilmu pengetahuan, dan juga mengambil bagian untuk mendamping anak-anak. Selain melakukan pengamatan sesuai tujuan magang 1, mahasiswa memiliki rancangan kegiatan tambahan, seperti: memanfaatkan koran bekas dan kardus untuk menjadi bingkai foto, melakukan 3 M (melipat, menggunting, dan menempel) dengan menggunakan kertas origami, mendampingi SEKAMI pada hari minggu, gerak dan lagu (mars PAUD), dan kerja bakti. Semua hasil karya siswa di pajang di setiap kelas sebagai hiasan yang menarik. Kegiatan lain, yang dilakukan untuk menunjang pendidikan adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diprogramkan sekolah seperti Senam Ceria Anak Usia Dini. Setelah melaksanakan program magang 1 selama dua (2) minggu, para mahasiswa kelompok keja magang 1 di PAUD Santo Pio Langke Majok kembali ke kampus untuk melanjutkan kegiatan perkuliahan dan membuat laporan pelaksanaan program magang 1.

Penulis :  Gudelia Wusu

Editor :  Stephanus T. Rahmat

Descargar musica