Navigate / search

MEMBANGUN PAGAR PENGAMAN DI SEKELILING RUMAH ADAT LEMARANG

Lemarang, Mahasiswa KKN STKIP Santu Paulus Ruteng, melaksanakan PkM Tanggal 23 Agustus 2018. Salah satu program yang dilakukan mahasiswa KKN integratif 2018 adalah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bersama masyarakat di tempat KKN. Kegiatan ini menjadi salah bentuk perhatian mahasiswa terhadap masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan karena ada satu kenyataan di Kampung Lemarang bahwa hewan piaraan seperti kambing tidak terurus dengan baik, sehingga terkadang berkeliaran di sekitar rumah penduduk termasuk di sekitar rumah adat Lemarang. Realitas ini tentu sangat menganggu kebersihan kampong karena kotoran kambing di temukan di mana-mana. Mahasiswa peserta KKN  bersama masyarakat Dusun Lemarang melakukan sebuah PkM dengan membangun pagar pengaman di sekeliling rumah adat Dusun Lemarang.

Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 Agustusus 2018. Mahasiswa dan masyarakat setempat melakukan pengerjaan pagar keliling secara bersama-sama. Kegiatan ini diawali dengan mengumpulkan bahan-bahan untuk pembuatan pagar seperti bambu dan kayu. Program PkM ini merupakan salah satu program kerja para mahasiswa peserta KKN dan disepakati bersama Kepala Desa dan  masyarakat Dusun Lemarang. Hasil kesepakatan tersebut memproleh hasil, bahwa mahasiswa melakukan suatu kegiatan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan dengan membangun pagar pengaman di sekeliling rumah adat Lemarang.

Kegiatan ini melibatkan 5 orang masyarakat Dusun Lemarang. Kegiatan ini dipimpin oleh Hironimus Jehadu sebagai Kordinator Desa (Kordes) mahasiswa KKN di Desa Lemarang Kecamatan  Reok  Barat. Bahan dasar untuk membuat pagar pengaman ini adalah dengan menggunakan 30 batang kayu  dan bambu kecil serta paku 5 cm.

Kegiatan PkM dilaksanakan atas dasar suatu kenyataan bahwa kondisi lingkungan sekitar rumah adat Lemarang penuh dengan kotoran kambing. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kotoran kambing dan menjaga kebersihan di sekitar rumah adat Lemarang.

Kegiatan PkM ini tentu berdampak positif bagi masyarakat Kampung Lemarang. Bapak Evideus Ledi sebagai aparat Desa yang hadir dalam kegiatan ini menegaskan bahwa sangat bersykur kepada mahasiswa KKN STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah merancang dan melaksanakan kegiatan ini. Suatu proses yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, dan bebas dari kotoran hewan di lingkungan rumah masyarakat, termasuk di sekitar rumah adat Lemarang. Pesan penting dari kegiatan ini adalah masyarakat supaya terus menjaga dan merawat kebersihan di sekitar rumah, dll.

Kegiatan ini memproleh dukungan yang kuat dari masyarakat dan aparat Desa Lemarang. Hal ini ditunjukkan lewat kehadiran masyarakat dan aparat Desa Lemarang untuk melaksanakan kegiatan ini bersama mahasiswa peserta KKN. Selain itu, bentuk dukungan masyarakat juga melalui kesediaan mereka untuk menyediakan minuman untuk mahasiswa dan masyarakat yang terlibat bekerja. Hironimus Jehadu selaku kordinator Desa Lemarang bahwa PkM ini dilakukan sebagai implementasi dari program kerja mahasiswa KKN STKIP Santu Paulus Ruteng setelah disepakati bersama Kepala Desa serta aparat Desa Lemarang.  Program PkM ini merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa yang melaksanakan KKN, jelas Hironimus. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kampung Lemarang tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan rumah pribadi, dan rumah adat.

Peliput : Hironimus Jehadu, Juvemia D. Sana, Maria Jeni Muliati, Seravina Mul

Editor : Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd

Descargar musica