Navigate / search

Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Anak TK Negeri Reo Dengan Kegiatan Mars PAUD

Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di TK Negeri Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai. Kegiatan PkM dosen dan mahasiswa ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan magang 2 bagi mahasiswa semester 7. Kegiatan PkM dengan judul “Mengembangkan Aspek Fisik Motorik Anak TK Negeri Reo Dengan Kegiatan Mars PAUD” ini berlangsung selama tiga (3) hari yakni tanggal 21 s.d 23 November 2018.

Dosen dan mahasiswa kelompok kerja magang 2 menggunakan momentum ini untuk melaksanakan kegiatan PkM berupa melatih para siswa TK Negeri Reo berkaitan dengan gerak dan lagu Mars PAUD. Respons lembaga TK Negeri Reo sangat positif dengan terselenggaranya kegiatan PkM ini. Hal ini terbukti dari tingkat partisipasi guru dan para siswa TK Negeri Reo dalam kegiatan PkM ini. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk membantu mengembangkan dan mengoptimalkan perkembangan aspek fisik motorik anak usia dini di TK Negeri Reo. Salah satu kegiatan yang dapat membantu perkembangan fisik motorik anak adalah Gerak dan Lagu Mars PAUD. Kegiatan Mars PAUD bagi anak usia dini bertujuan untuk membantu anak mengembangkan aspek fisik motorik. PKM ini bertujuan untuk melatih anak mengembangkan aspek fisik motorik baik itu motorik kasar maupun motorik halus.

Kegiatan PkM ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan untuk membantu anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan fisik motorik. Tim PkM Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD tertarik untuk melaksanakan kegiatan PkM ini untuk mengatasi hambatan perkembangan fisik motorik yang dialami oleh anak usia dini di Lembaga TK Negeri Reo dengan kegiatan Mars PAUD untuk mengembangkan aspek fisik motorik anak. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen sebagai pengusul PkM  dan mahasiswa kelompok kerja magang 2 dapat membantu guru menyadari pentingnya mengembangkan aspek fisik motorik bagi anak usia dini.

Dengan dasar itulah, maka tim PkM Dosen dan mahasiswa kelompok kerja magang 2 menawarkan kegiatan Mars PAUD. Kegiatan ini didesain dalam bentuk kegiatan gerak dan lagu. Dalam kegiatan ini, anak-anak TK Negeri Reo dilatih untuk bernyanyi sambil melakukan gerakan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 21 s.d 23 November 2018. Mitra utama kegiatan PkM ini adalah  anak-anak yang berada di Lembaga TK Negeri Reo yang difasilitasi oleh Kepala Sekolah TK Negeri Reo dan dibantu oleh para guru TK Negeri Reo.  Kegiatan ini dilakukan di halaman sekolah dan di dalam ruangan kelas Lembaga TK Negeri Reo. Peserta yang terlibat dalam kegiatan Mars PAUD ini berjumlah 30 orang anak, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Kepala Sekolah TK Negeri Reo, Ibu Ermelinda Setia menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi lembaga yang dipimpinnya supaya para siswa dapat mengembangkan aspek fisik motorik secara seimbang dan berdampak positif untuk perkembangan selanjutnya. Lebih lanjut, Ibu Ermelinda menyampaikan terima kasih kepada tim PkM Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan latihan gerak dan lagu Mars PAUD ini. TK Negeri Reo akan menjadikan kegiatan ini sebagai program rutin sekolah. Para guru akan terus memfasilitasi para siswa untuk mengembangkan aspek fisik motorik secara seimbang, tanda Ibu Ermelinda. Pada bagian akhir kegiatan PkM ini, Ketua Tim PkM, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil., M.Pd (NIDN : 08.2303.7601) menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa  untuk memperkuat  keilmuan PAUD teristimewa dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak, termasuk langkah-langkah strategis untuk mengembangkan aspek fisik motorik anak. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa mempunyai pengetahuan untuk mempraktikkan cara-cara konkret untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan fisik motorik anak. Dengan itu,  anak tidak akan mengalami hambatan secara fisik motoris dalam proses pendidikan selanjutnya, tandas Stephanus.  Hal yang sama juga disampaikan seorang mahasiswa anggota PkM, Agustina Merci bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu berkaitan dengan cara untuk mengembangkan aspek fisik motorik anak.

Descargar musica