Navigate / search

Meningkatkan Kualitas Iman, Harapan, dan Kasih Warga IKRB Denpasar Bali Melalui Kegiatan Kerohanian Natal dan Tahun Baru bersama 2019

Ikatan Keluarga Rego Bali (IKRB) mengadakan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama pada tanggal 31 Desember 2018. Kegiatan ini berlangsung setiap tahun. Kegiatan yang melibatkan seluruh warga asal Rego yang bertempat tinggal di Bali berlangsung dengan sangat meriah dan bernuansa khas Manggarai. Pada kesempatan kali ini, IKRB sekaligus juga merayakan dies natalis (hari lahir) IKRB yang ke 27 tahun. Perayaan ulang tahun ini dirangkaikan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama 2019. 

Keluarga besar Rego  menghadirkan seorang rohaniawan dan dosen asal Wontong Rego, Romo Stephanus Turibius Rahmat, Pr. Romo Stefan Rahmat, Pr yang adalah dosen pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng hadir untuk memimpin perayaan Natal dan Tahun Baru bersama IKRB ini. Kegiatan ini diisi dengan refleksi bersama tentang ziarah panjang perjalanan paguyupan IKRB, sekaligus mendesain suatu resolusi tentang bagaimana membesarkan dan menguatkan IKRB selanjutnya sebagai suatu perkumpulan persaudaraan.  Sebagai seorang dosen, kegiatan ini tentu sangat berkontribusi positif untuk pelaksanaan tridhrma perguruan tinggi. Oleh karena itu, Romo Stephanus Turibius Rahmat, Pr menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Atas dasar itulah, kegiatan ini dikemas dalam suatu tema yakni “Meningkatkan Kualitas Iman, Harapan, Dan Kasih Warga IKRB Denpasar Bali Melalui Kegiatan Kerohanian Natal Dan Tahun Baru Bersama 2018”. Kegiatan PkM ini sangat strategis untuk memperkuat kembali iman, harapan dan kasih para warga IKRB yang saban hari sibuk dengan rutinitas pekerjaan  sebagai mahasiswa atau pekerja di pelbagai perusahaan di Bali. Warga IKRB yang setiap hari berkutat dengan rupa-rupa pekerjaan bukan tidak mungkin kesulitan waktu untuk memperkuat diri dengan hal-hal yang bersifat kerohanian.

Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd (NIDN : 08.2303.7601)  sebagai dosen pengusul PkM ini menandaskan bahwa PkM dalam bentuk kegiatan kerohanian ini dilaksanakan untuk menjawabi kebutuhan warga Rego yang berdomisili di Denpasar Bali. Jenis kegiatan PkM yang telah dilakukan adalah melaksanakan kegiatan kerohaniaan berupa perayaan ekaristi Natal dan Tahun Baru bersama.  Selain itu, momentum ini digunakan untuk melakukan refleksi bersama yang bertujuan meningkatkan kualitas iman, harapan, dan kasih warga IKRB Denpasar Bali melalui kegiatan kerohanian Natal dan Tahun Baru bersama 2018. Warga Rego yang berada di Bali melaksanakan kegiatan ini secara rutin pada setiap tahun. Perayaan Natal dan Tahun Baru bersama ini menjadi kesempatan untuk saling meneguhkan dan menguatkan sebagai saudara yang berada di tanah perantauan. Sebagia Dosen, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd  memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun kesadaran para warga Rego yang berada di Bali untuk memiliki kesadaran baru supaya menjadi lebih baik pada tahun baru 2019. Selain itu, kegiatan PkM ini menyadarkan warga IKRB bahwa Yesus Kristus adalah Hikmat/Berkat/Rahmat bagi segenap warga IKRB. Hikmat yang telah diterima dari kemurahan Tuhan itu harus disyukuri dan dibagi-bagikan kepada yang lain.  Kegiatan ini dilakukan di Denpasar Bali pada tanggal 30 Desember 2018 s.d 1 Januari 2019. Mitra utama kegiatan ini adalah warga Ikatan Keluarga Rego Bali yang dikoordinir oleh Ketua Umum IKRB, Bapak Drs. Donatus Baut.  Warga IKRB  dikumpulkan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Setelah perayaan ekaristi Natal dan Tahun Baru bersama, warga IKRB  mengikuti kegiatan refleksi bersama supaya setiap pribadi dapat melakukan retrospeksi dan introspeksi diri. Dengan itu, setiap orang dapat melakukan proyeksi tentang apa yang baik untuk dikerjakan selanjutnya.  Jumlah warga IKRB  yang terlibat dalam kegiatan PkM ini  sebanyak  500 orang. Bapak Donatus Baut mewakili segenap warga IKRB menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk penguatan warga IKRB yang berada di tanah perantauan. Dengan kegiatan ini, warga IKRB diingatkan lagi akan pentingnya membangun persaudaraan dalam semangat Natal dan Tahun Baru bersama. Kegiatan seperti ini memperkuat diri untuk saling meneguhkan dan membantu dalam kasih sebagaimana yang telah ditunjukkan Yesus Kristus dalam peristiwa Natal. Semoga kegiatan PkM ini menjadi awal yang positif untuk membangun kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas iman, harapan, dan kasih warga IKRB di Bali. Kegiatan PkM yang dikemas dalam bentuk perayaan kerohanian Natal dan Tahun Baru bersama serta refleksi bersama ini ditutup dengan acara gembira ria sebagai ungkapan suka cita Natal dan menyongsong tahun baru 2019.  Warga IKRB sepakat untuk menyongsong tahun baru 2019 dengan semangat baru dan resolusi yang baru.

Descargar musica