Navigate / search

Menjadi Calon Guru PAUD yang Profesional

Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng membuka kegiatan perkuliahan di tahun baru 2017 dengan kegiatan seminar ilmiah. Pada hari, tanggal, Sabtu, 7 Januari 2017,  bertempat di Aula Missio STKIP Santu Paulus Ruteng, Program Studi PG.PAUD menggelar Seminar Ilmiah yang dibawakan oleh dua kelompok mahasiswa.  Seminar ini dimulai pukul 08.00-13.00. Seminar Ilmiah ini merupakan presentasi hasil penelitian mahasiswa tingkat III Prodi PG PAUD.

Seminar ilmiah menghadirkan dua kelompok mahasiswa yang membahas tema yang berbeda. Materi seminar ini merupakan hasil penelitian para mahasiswa. Tema umum Seminar Ilmiah mahasiswa adalah PROFESIONALISME CALON GURU PAUD”. Pemateri Seminar Ilmiah terdiri dari dua kelompok mahasiswa yakni kelompok satu yaitu  Yuliana Elsa Wati dan Donata V. Jelahut; kelompok dua yaitu  Antonia Anastasia Daman dan Maria Yasinta Sidi. Kelompok I telah melakukan penelitian dengan judul Pengembangan Panduan Pelatihan Empathic Accuracy Skill bagi Mahasiswa Prodi PG PAUD Santu Paulus Ruteng Dengan Menggunakan Metode Cinema Therapy. Empathic Accuracy atau ketepatan empati adalah ukuran kemampuan ketetapan seseorang dalam inferensi empati (membaca pikiran sehari-hari. Inferensi empatik dapat menghasilkan sesuatu yang menakjubkan, akurat dan tepat sasar sehingga dapat tampak seperti telepati. EA merupakan dimensi fundamental yang menjadi dasar kecerdasan sosial seseorang dapat dinilai. Kelompok I ini telah menghasilkan satu produk berupa panduan pelihan EAS bagi mahasiswa prodi PG PAUD dengan menggunakan metode cinema therapy. Cinema Therapy merupakan suatu metode penggunaan film untuk memberi efek yang positif kepada orang lain. Untuk konteks penelitian ini, cinema therapy digunakan untuk meningkatkan kecerdasan sosial atau kepekaan sosial. Oleh karena itu, apa yang dihasilkan ini merupakan masukan bagi Prodi PG PAUD untuk dapat mengembangkan salah satu aspek softskill mahasiswa prodi kita yakni pengembangan kecerdasaan sosial – kepekaan sosial. Kelompok II melakukan penelitian dengan judul “Upaya meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui permainan Puzzle Geometri Pada Anak Usia Kelompok Bermain 2-3 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di KB Nong Putra Ponggeok) Tahun Ajaran 2016/2017)”. Kelompok yang kedua ini melalui penelitian PTK yang dilakuakan berusaha untuk menemukan masalah terkait dengan rendahnya kemampuan mengenal bentuk Geometri pada KB Nong Putra Ponggeok. Berdasarkan ini, mereka menerapkan suatu model yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengenal bentuk Geometri melalui permainan Puzzle.

Seminar Ilmiah ini dihadiri segenap sivitas akademika Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng. Kegiatan Seminar Ilmiah ini bertujuan untuk membuka ruang refleksi ilmiah bagi para akademisi dan calon akademisi/mahasiswa untuk mengkaji dan mendiskusikan secara khusus topik seminar hari ini. Pada tahun 2017, mahasiswa Prodi PG PAUD mempunyai resolusi baru untuk semakin giat melakukan penelitian di bidang PAUD. (Koordinator Publikasi Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng).

Descargar musica