Navigate / search

MENJADI GURU YANG SESUNGGUHNYA

Pada hari Jumat, 24 Februari 2018, TK Santu Angela melaksanakan dua (2) kegiatan. Kegiatan pertama yakni mahasiawa magang di TKK Santa Angela Labuan Bajo mendapat kunjungan dari Romo Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil. M.Pd sebagai Dosen Pendamping Magang. Tujuan dari kunjungan ini adalah melakukan monitoring terhadap mahasiswa magang 2.

Dalam kegiatan monitoring ini, Romo Stef  melihat sekaligus menilai bagaimana perkembangan mahasiswa magang setelah 2 minggu menjalankan program magang. Penilaian ini dilakukan ketika mahasiswa magang melakukan praktik mengajar. Romo Stef melihat dan menilai secara individu perkembangan dan cara mengajar mahasiswa yang berperan sebagai asisten guru di setiap kelas. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian mahasiswa ketika menjadi asisten guru selama magang 2. Dalam penilaian ini, Romo Stef melihat kesesuaian antara RPPH  yang sudah dibuat mahasiswa dengan praktik mengajar di dalam kelas. Kegiatan monitoring ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Setelah  kegiatan monitoring, , mahasiswa kelompok magang dan guru-guru TKK Santa Angela melanjutkan kegiatan sharing bersama. Kegiatan syering ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan di TKK Santa Angela. Pada kesempatan ini, Ibu Titin dan Ibu Betriks mensyeringkan materi pelatihan yang telah dilakukan.  Dalam kegiatan sharing ini, Ibu Titin dan Ibu Betriks menjelaskan materi tentang parenting, Karakter Anak Usia Dini, dan Keterpaduan Antara Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu dan PAUD.  Kedua ibu ini mengakui bahwa kegiatan parenting itu sangat penting.  Kegiatan parenting mengharuskan orangtua bekerjasama dengan sekolah dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, mereka juga menganjurkan agar sekolah harus memiliki program parenting. Sedangkan untuk karakteristik anak, keduanya menjelaskan bahwa guru harus bisa mengenal dan mengetahui karakter setiap anak berkaitan dengan tipe dan gaya belajar anak.  Berkaitan dengan materi keterkaitan antara Bina Keluarga Balita, posyandu dan PAUD, kedua ibu ini menjelaskan bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak harus diperhatiakan sejak anak berada di dalam kandungan sampai dia berada di PAUD. Dalam konteks ini, partisipasi aktif orang tua sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Para mahasiswa magang 2 dan para guru TKK Santa Angela yang hadir dalam kegiatan syering bersama ini menilai bahwa kegiatan ini memberi input yang berharga untuk program pendidikan anak usia dini. Selain itu, para peserta mendapatkan materi baru serta ditantang untuk memikirkan bersama cara yang tepat untuk mengenal dan mengetahui karakteristik anak. Selain itu, para peserta yang hadir dalam syering bersama ini juga dituntut untuk bisa memperlakukan anak sesuai degan karakteristik dan kebutuhanya.

Penulis : Walde Panul

Editor : Stephanus Turibius Rahmat

Descargar musica