Navigate / search

Menjadi Mahasiswa Seperti Pohon Ara Yang Selalu Berbuah

Kegiatan pembekalan magang 2 di hari ke-2, diikuti 109 mahasiswa tingkat 4 semester 7 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG PAUD). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Van Roosmalen 12 STKIP Santu Paulus Ruteng pada Selasa (16/01/2018). Pembekalan ini berlangsung dari pukul 07.30 sampai 11.30 WITA.

Tampil sebagai pembicara Ferdinandus Arifin Sulaiman, M.Pd.  yang membahas tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Muatan/Materi pembelajaran yang memuat tema/subtema dan alokasi waktu, serta kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembekalan magang 2 hari ke-2 dimoderatori oleh Gervasius Adam, M.Or

Setelah penyampaian materi tentang perangkat pembelajaran, dilanjutkan dengan misa perutusan yang dipimpin oleh RD. Stef Rahmat. Melalui khotbah yang dibawakan, beliau menyampaikan, “Mahasiswa ibarat pohon ara yang berbuah sehingga dapat dinikmati oleh semua orang. Mahasiswa sudah ditempa dengan segala hal, seperti pengetahuan dan keterampilan, kedisiplinan dan tata tertib. Saat menjalani magang, mahasiswa hendaknya menerapkan semua hal tersebut di sekolah.”

Lebih lanjut beliau katakan, “Mahasiswa harus menghasilkan buah intelektualitas, buah moralitas, dan buah religiusitas. Magang hendaknya menjadi proses belajar dan membuka hati serta pikiran dengan belajar keras, cerdas, dan ikhlas.”

Sebagai akhir khotbah, Romo Stef  berpesan agar mahasiswa mau dibina dan dibentuk sehingga menjadi guru profesional serta memberikan contoh hidup bukan hanya dengan kata-kata semata, bukan hanya mengajar tetapi mampu menyentuh hati anak.

Kegiatan pembekalan magang 2 diakhiri dengan makan siang bersama yang dihadiri oleh Ketua Prodi PG PAUD dan seluruh dosen dan pegawai Prodi PG PAUD serta para mahasiswa tingkat 4 yang menjadi peserta magang 2 di tahun 2018 ini.

Kegiatan magang 2 direncanakan akan dilaksanakan pada semester 8 selama satu bulan, terhitung sejak tanggal 5 Februari sampai 3 Maret 2018. Mahasiswa/i akan menyebar di tiga kabupaten yakni Manggarai Timur meliputi Mano, Borong dan Wae Lengga, Manggarai Barat meliputi Lembor dan Labuan Bajo, serta Manggarai meliputi Ruteng, Cancar, Poka, Pagal, dan Reo.

 

Peliput dan Penulis : Ayu Anwar

 

Descargar musica