MONITORING MAHASISWA MAGANG 2

Setelah melaksanakan program kerja magang 2 selama dua (2) minggu di 27 PAUD (TK/RA) yang tersebar di Manggarai (14 sekolah), Manggarai Barat (5 sekolah) dan  Manggarai Timur (8 sekolah), para mahasiswa/i tingkat IV Semester Delapan, Program Studi Pendidikan Guru PAUD Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, Manggarai, NTT dimonitoring oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM). 

Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program kerja magang 2 yang sudah dirancang para mahasiswa kelompok kerja magang 2 seperti penelaahan perangkat pembelajaran PAUD yang telah dibuat para guru, menyusun serta mengembangkan perangkat pembelajaran PAUD. Selain itu, DPM menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran yang difasilitasi oleh para mahasiswa peserta magang 2. Selama dua (2) minggu, para mahasiswa berada dalam kelas melaksanakan kegiatan pengajaran di kelas sebagai asisten guru. Dengan itu, monitoring ini bertujuan juga untuk menilai performans para mahasiswa peserta magang 2 ketika sedang menjadi asisten guru di ruang-ruang kelas bersama anak-anak usia dini. Waktu pelaksanaan monitoring disepakati bersama antara DPM, para mahasiswa dan kepala sekolah tempat pelaksanaan magang 2.

Pada hari Jumat, 23 Februari 2018, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd sebagai DPM melakukan monitoring kelompok mahasiswa magang 2 di TK Santa Angela Labuan Bajo. Kegiatan monitoring keterlaksanaan program kerja magang 2 untuk para mahasiswa yang bernama Waldeana Panul, Maria Karolina Jemu dan Donata Vony Jelahut dilakukan mulai pukul 07.30.11.30. Pada saat monitoring ini, para mahasiswa dinilai berkaitan dengan pengembangan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran atau performans mahasiswa sebagai asisten guru ketika berada di kelas.  Hal yang sama juga dilakukan oleh DPM terhadap ketiga mahasiswa yang melaksanakan magang 2 di TK Ade Irma pada hari Sabtu, 24 Februari 2018. Ketiga mahasiswa yang bernama Werner Olista Peri, Susana Susanti Jelita dan Maria Yasinta Sidi dinilai  berdasarkan ketiga aspek yang sama.

Waldeana Panul, salah satu mahasiswa peserta magang 2 di TK Santa Angela mengakui bahwa kesempatan magang menjadi momen pembelajaran yang berharga bagi dia dan teman-temannya sebagai calon guru PAUD. Menurutnya, kegiatan magang 2 dapat melatih para mahasiswa untuk menelaah perangkat pembelajaran yang sudah disiapkan para guru. Berdasarkan itu, kami mengembangkan perangkat pembelajaran PAUD serta menggunakan perangkat tersebut dalam pembelajaran di kelas sebagai asisten guru. Hal yang sama juga diakui oleh Susana Susanti Jelita, mahasiswa program magang 2 di TK Ade Irma. Menurut dia, kegiatan magang ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memantapkan diri sebagai calon guru PAUD. Kami belajar dari para guru dan juga dari  para siswa/i TK tentang banyak hal yang mendasari jati diri seorang guru, tandas Susana.

Stephanus Turibius Rahmat selaku DPM bagi mahasiswa magang 2 di TK Ade Irma dan TK Santa Angela menilai bahwa para mahasiswa telah berusaha menerapkan secara benar empat kompetesi dasar yang dimiliki oleh seorang guru, mulai dari kompetesi pedagogik, kepribadian, profesional,  dan sosial. Para mahasiswa yang melaksanakan program magang dua ini sudah mengalami secara langsung iklim pembelajaran di PAUD (TK/RA) yang ada. Selama kegiatan magang dua, para mahasiswa telah berinteraksi langsung dengan para siswa TK/RA, para guru dan masyarakat, kata Ketua Program Studi PG PAUD. Suster Kepala TK Santa Angela (Sr. Jusi Darna Lingga, OSU) dan Suste Kepala TK Ade Irma (Sr. Maria Kordiana Huke, SSpS) menyampaikan terima kasih kepada Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng yang telah mempercayakan sekolah mereka sebagai tempat pelaksanaan magang 2. Sekolah kami mendapat kepercayaan untuk membimbing para mahasiswa peserta magang 2. Sekolah kami sangat terbantu dengan kehadiran para mahasiswa peserta magang 2, tandas Suster Darna. Suster Diana mewakili komunitas sekolah TK Ade Irma mengharapkan agar kerja sama ini terus dibangun selanjutnya.  Kerja sama membuat kita semakin diperkaya dalam banyak hal, tegas Sr. Diana.

Kegiatan magang dua yang berlangsung selama 1 bulan akan berakhir pada hari Sabtu, tanggal 3 Maret 2018. Pada saat itu, Dosen Pembimbing Magang akan melakukan acara penarikan mahasiswa peserta magang 2 secara resmi. Dengan demikian, sejak tanggal 3 Maret 2018, para mahasiswa peserta magang 2 harus kembali ke kampus untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan semester 8.

Penulis : Waldeana Panul dan Susana Susanti Jelita

Editor : Stephanus T. Rahmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *