Navigate / search

Menjadi Guru PAUD yang Berjiwa Enterpreneurship dan Berkemampuan Public Speaking

Jumat, 15 Desember 2017, Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus menyelenggarakan seminar ilmiah dosen dengan tema “Membentuk Kompetensi Guru PAUD di Era MEA”. Seminar yang diselenggarakan di Aula Missio dan dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Guru PAUD ini menghadirkan dua narasumber, yakni Felisitas Ndeot, M.Pd. dan Maria Rahayu Anwar, M.Pd.

Felisitas Ndeot, M.Pd. membedah tema seminar ini dengan artikelnya berjudul “Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini di Era MEA”. Menurut ibu Felisitas, jiwa kewirausahaan harus dipupuk sejak usia dini untuk menyiapkan generasi muda yang bukan hanya mampu bekerja tetapi mampu menyiapkan lapangan kerja sehingga dapat bersaing di era MEA. Nilai-nilai kewirausahaan yang dapat ditanamkan sejak dini bagian anak usia dini antara lain mandiri, kreatif, kepemimpinan, dan kerjakeras. Implementasi pengembangan nilai-nilai kewirausahaan ini pada konteks Taman Kanak-Kanak (TK) diintegrasikan sesuai tema dan kegiatan di sekolah melalui penerapan metode proyek dan bermain pasar-pasaran. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan anak mampu memiliki jiwa kewirausahaan dan menjadi pengusaha di masa depan yang dapat membuka lapangan kerja baru dan mampu bersaing menghadapi MEA serta memperoleh anugerah bonus demografi.

Ibu Maria Rahayu Anwar membahas tema seminar dengan makalah berjudul “Guru PAUD dan Kemampuan Public Speaking di Era MEA”. Menurut Ibu Ayu, kemampuan public speaking seorang guru PAUD sangat penting dan erat kaitannya dengan correlated curriculum terutama yang berkaitan dengan model implementasi insidental. Melalui kemampuan public speaking yang baik, guru PAUD dapat menjalankan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi di lapangan. Jika tidak memiliki kemampuan komunikasi dan public speaking yang baik, guru PAUD akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan tema pembelajaran dengan situasi yang terjadi di luar tema yang sudah disiapkan guru. Dalam konteks kompetisi di Era MEA, Ibu Ayu menyatakan bahwa guru wajib memiliki berbagai kompetensi dan keterampilan termasuk kemampuan public speaking. Kemampuan public speaking menciptakan peluang yang besar untuk menjadi guru PAUD yang profesional di era MEA.

 

Penulis: Fransiskus De Gomes

Foto – Foto Kegiatan

 

Descargar musica