Navigate / search

Pendidikan Guru PAUD STKIP SANTU PAULUS Membangun Kemitraan Dengan PAUD Yesus Ekaristi

Kemitraan Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng dengan PAUD Yesus Ekaristi di Poka ditandai dengan penandatanganan MoU (Memorandum of understanding). MoU atau nota kesepahaman antara Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng dengan PAUD Yesus Ekaristi merupakan langkah awal kerja sama antara kedua lembaga dalam upaya meningkatkan mutu dan prestasi aak pada Pos PAUD, TPA dan Kelompok Bermian. Selain itu, kerja sama ini dapat meningkatkan layanan dan/atau partisipasi, mutu, prestasi, dan output mahasiswa dan meningkatkan kinerja dosen melalui kegiatan pengajaran, penelitian dan pengbadian kepada masyarakat. Langkah awal ini dinilai sangat positif merujuk pada garis koordinasi dan konsultasi berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat di Program Studi Pendidikan Guru PAUD.
MoU ini dihasilkan berdasarkan pada analisis kebutuhan dari Program Studi Pendidikan Guru PAUD. Analisis kebutuhan tersebut merupakan hasil kajian secara mendalam tentang kurikulum yang diterapkan pada Program Studi Pendidikan Guru PAUD. Selain analisis mendalam tentang kurikulum, visi-misi Prodi, tujuan Prodi, dan profil lulusan menjadi dasar bagi dihasilkannya MoU ini.
Profil lulusan terutama ditentukan agar mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Guru PAUD bisa menjadi calon pendidik, pengasuh, dan pengelola pendidikan anak usia dini. Selain itu, seperti yang termuat dalam buku Pedoman Akademik Program Studi Pendidikan Guru PAUD, tujuan Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng adalah (1) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang memiliki kemampuan emosional, sosial dan spiritual serta mempunyai wawasan, sikap dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan proses dan pelaksanaan pendidikan di PAUD; (2) menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat; (3) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang seluruh dimensi perkembangan anak usia dini, serta memiliki kompetensi dalam mendidik dan mengajar anak usia dini, baik di TK, Kelompok Bermain, dan Tempat Penitipan Anak; (4) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang mampu mengembangkan kurikulum pendidikan anak usia dini; (5) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan anak usia dini yang inovatif dan kontekstual sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat; (6) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang kompeten, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru PAUD bermuara pada tujuan-tujuan tersebut di atas. Oleh karena itu, untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka diupayakan beberapa kegiatan atau kebijakan yang berlandaskan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun kegiatan-kegiatan dan kebijakan-kebijakan tersebut diupayakan agar tujuan di atas bisa tercapai.
Salah satu kegiatan, kebijakan, dan langkah strategis yang diupayakan oleh Program Studi Pendidikan Guru PAUD adalah membentuk tenaga pendidik dan pengajar yang mampu melakukan tindakan reflektif melalui peningkatan kualitas lulusan, dan juga meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak lain seperti sekolah-sekolah mitra yang ada di Manggarai Raya.
Untuk menindaklanjuti ini, maka diadakan rapat antara Ketua program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng dan tim bersama dengan Suster Kepala PAUD Yesus Ekaristi. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa, 12 September 2017. Sejumlah pertimbangan yang dihasilkan dalam rapat tersebut adalah menyepakati rancangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yang ditindaklanjuti dalam Dokumen Perjanjian Kerja sama antara kedua pihak. Selain itu, ada sejumlah point kesepahaman yakni (a) Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng berpartisipasi dalam menyusun perangkat pembelajaran pada PAUD Yesus Ekaristi; (b) Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng membantu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) bagi para pengelola dan guru PAUD Yesus Ekaristi melalui pelatihan, lokakarya, workshop, seminar, dan kegiatan sejenis lainnya; (c) Kegiatan pengembangan sumber daya manusia yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng tidak memberikan kontribusi finansial bagi peserta kegiatan; (d) Para Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng bersedia menjadi narasumber dan pendamping dalam kegiatan pelatihan, lokakarya, workshop, seminar, dan kegiatan sejenis lainnya yang diselenggarakan PAUD Yesus Ekaristi.
Berdasarkan hasil rapat tersebut, maka pada hari Kamis, 14 September 2017 bertempat di Kantor Sekolah PAUD Yesus Ekaristi, kedua belah pihak menandatangani MoU. Penandatangan MoU dilakukan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd; dan Kepala PAUD Yesus Ekaristi, Suster Maria Gorethi Kaba, M.Pd. Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU ini yakni Koordinator Kerjasama Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Bapak Fransiskus De Gomes, S.Fil, M.Pd, para guru PAUD Yesus Ekaristi. Semoga kerjasama ini membantu perkembangan lembaga PAUD Yesus Ekaristi dan meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng (Peliput: Stephanus T. Rahmat – Keprodi Pendidikan Guru PAUD).

Descargar musica