Pendidikan Holistik Integratif Bagi Anak Usia Dini

Segenap dosen dan mahasiswa Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini mengikuti Seminar Ilmiah Dosen  dengan tema “Pendidikan Holistik Integratif Bagi Anak Usia Dini”, pada Jumat (16/3/2018), di aula Missio STKIP santu Paulus Ruteng.

Tampil sebagai pemateri, Elisabeth Sarinastitin, M.Pd. yang berbicara tentang “Pendidikan Holistik Integratif untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini” dan Emilia G.M. Taran, M.Pd yang berbicara tentang “Memahami Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konsep Pendidikan Holistik Integratif di Satuan PAUD”.

Kedua pemateri menekankan pada pentingnya pendidikan holistik integratif bagi anak usia dini baik dalam pembentukan karakter anak usia dini ataupun dalam pemberian stimulasi bagi perkembangan anak berkebutuhan khusus.

Ibu sarinastitin menyampaikan bahwa, “Pendidikan integratif merupakan pendidikan yang menyatakan keseluruhan yang menjadi dasar untuk pembentukan karakter. Pembentukan karakter ini ditentukan oleh keterlibatan banyak pihak, baik sekolah ataupun masyarakat khususnya orang tua dan lingkungan tempat tinggal anak.

Keluarga merupakan lingkungan belajar pertama yang diperoleh anak dan akan menjadi fondasi yang kuat untuk membentuk karakter anak.”

Selanjutnya, Ibu Emilia menyampaikan, “Pendidikan holistik integratif diberikan dalam menstimulasi perkembangan anak berkebutuhan khusus di mana anak berkebutuhan khusus adalah pribadi yang layak dan berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak normal pada umumnya. Dalam hal ini para calon guru PAUD diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sesuai demi tercapainya tujuan pendidikan.”

 

Peliput dan Penulis : Ani Sum dan Ayu Anwar

Foto-Foto:

Para Mahasiswa Tampak Serius Mengikuti Jalannya Seminar
Salah Satu Mahasiswa, Mikael Gunawan, Mengajukan Pertanyaan Kritis kepada Para Pemateri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *