Navigate / search

PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DESA CEKALUJU KECAMATAN SATAR MESE BARAT KABUPATEN MANGGARAI TENTANG PENTINGNYA KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAKNYA

Dosen Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng, Fransiskus de Gomes, S.Fil., M.Pd. bersama 21 mahasiswa dan 2 tenaga administratif mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Cekaluju Kecamatan Satar Mese Barat Kabupaten Manggarai.

Kegiatan PkM yang dibuat selama dua hari, dari tanggal 27 – 28 Maret 2018 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Cekaluju. Dalam sambutannya, Kades Cekaluju mengapresiasi kegiatan ini karena membantu masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan anak-anaknya. Di hadapan peserta yang hadir di Rumah Adat masyarakat Keka Rejo Desa Cakaluju, Gomes mengatakan partisipasi orang tua dalam pendidikan anaknya sangat penting. Bagi anak (siswa), keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan dapat mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran anak di sekolah, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan perilaku positif dalam diri anak. Keterlibatan orang tua dalam membimbing belajar anaknya dapat memotivasi anak dalam belajar sekaligus menanamkan kesadaran pada anak bahwa belajar adalah aktivitas yang dapat mengembangkan segenap potensi diri. Motivasi dan kesadaran seperti ini mendorong anak rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah. Kesadaran seperti ini belum dimiliki oleh semua masyarakat Desa Cekaluju Kecamatan Satar Mese Barat Kabupaten Manggarai. Sebagian besar masyarakat Cekaluju beranggapan bahwa tanggungjawab orang tua sebatas memenuhi kebutuhan finasial dan material yang diperlukan anaknya. Oleh sebab itu, lanjut Gomes, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya. PkM ini dibuat dalam satu paket sosialisasi dengan jumlah peserta 69 orang, semuanya adalah masyarakat Desa Cekaluju. Masyarakat memberikan apresiasi kepada tim PkM yang telah memberikan pencerahan kepada mereka tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya. Masyarakat mengharapkan agar pendidikan tinggi terus menerus membantu mereka dalam memecahkan masalah-masalah sosial lainnya.(Tim PkM)

Descargar musica