Navigate / search

Pertemuan Persiapan PkM Dalam Rangka Natal 2017

Perayaan Natal tinggal satu bulan lagi. Sejumlah persiapan untuk merayakan Natal sudah mulai tampak seperti latihan koor, dll. Program Studi Pendidikan Guru PAUD melalui Koordinator PkM dan Kerjasama, Bapak Fransiskus De Gomes, S.Fil, M.Pd sudah medesain rancangan kegiatan PkM dalam rangka Natal 2017. Atas dasar itulah, maka pada hari Selasa, 21 November 2017 diadakan pertemuan persiapan PkM Natal bersama mahasiswa program studi yang dipercayakan untuk menjadi anggota kelompok PkM. Pertemuan ini dilaksanakan di Ruangan Van Rosmalen 14 Lt 2 pada pukul 17.00- selesai. Para mahasiswa yang dipercayakan program studi untuk menjadi anggota PkM Natal 2017 adalah mahasiswa tingkat IA, ID, 2D, 2A,3A dan 3D. Mahasiswa yang berasal dari 6 kelas ini akan dibagi ke dalam dua (2) kelompok PkM. Dalam rancangan program studi, pada tahun ini dua tempat PkM Natal. PkM dalam rangka Natal 2017 dilaksanakan di Paroki Denge yaitu Stasi Kende dan Stasi Keka – Rejo.
Para mahasiswa hampir seluruhnya hadir dalam pertemuan ini. Pada pertemuan ini disepakati tentang sejumlah hal yakni (1) Tempat pelaksanaan PkM Natal; (2) Jenis Kegiatan PkM Natal; (3) Pendamping PkM; (4) Pembentukan Panitia PkM dan seksi-seksi yang terlibat; (5) Program Kerja Panitia; (6) Jadwal latihan koor; (7) Kontribusi Mahasiswa untuk kegiatan PkM. Ada banyak hal lain juga yang dibicarakan pada pertemuan persiapan ini.
Program Studi Pendidikan Guru PAUD mendesain kegiatan PkM Natal ini dengan menyertakan kegiatan yang berkarakteristik PAUD seperti Temu Anak atau pendampingan terhadap anak usia dini dan sosialisasi tentang pentingnya PAUD dan Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng. Selain itu, program yang wajib dilaksanakan yakni menyiapkan koor Natal 2017 dan menjadi petugas liturgi, bakti sosial, malam keseniaan dan kegiatan olahraga.
Hadir juga dalam pertemuan persiapan ini, Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd. Ketua program studi menegaskan bahwa para mahasiswa peserta PkM Natal 2017 harus merancang program dengan baik, membuat program yang dapat dilaksanakan. Artinya, para mahasiswa perlu membuat program kerja yang relevan dan realistis. Program-program yang dirancang harus bermanfaat untuk para mahasiswa dan juga untuk masyarakat atau umat yang akan dilayani. Pertemuan persiapan ini menjadi kesempatan yang baik untuk merencanakan semua kegiatan PkM Natal dengan baik dan terencana. Kesempatan seperti ini menjadi momentum pembelajaran bagi mahasiswa tentang bagaimana mengelola suatu kegiatan, merencanakan persiapan, menyusun strategi pelaksanaan kegiatan dan mengevaluasi segala hal yang sudah dikerjakan. Oleh karena itu, para mahasiswa harus menggunakan semaksimal mungkin kesempatan-kesempatan kegiatan seperti ini. Para mahasiswa yang menjadi peserta PkM Natal 2017 harus mempunyai komitmen yang sama untuk menyukseskan persiapan dan pelaksanaan PkM Natal 2017. Oleh karena itu, para mahasiswa perlu membuat jadwal latihan untuk sejumlah kegiatan secara detail. Selain itu, perlu membuat pembagian atau deskripsi tugas yang jelas. Suatu kegiatan apapun bentuknya akan terlaksana dengan baik jika ada kerja sama, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Selamat mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan PkM dalam rangka Natal 2017. (Peliput : Sie Dokumentasi dan Publikasi PkM Natal 2017)

Descargar musica