Navigate / search

Peserta Magang 1 PG PAUD STKIP St.Paulus Ruteng Laksanakan PkM di TK St.Nino

Mahasiswa  Peserta Magang 1 STKIP St. Paulus Ruteng adakan program kegiatan pembuatan “Bendera dari Stik Es Krim untuk Meningkatkan Kognitif dan Motorik Halus pada Anak” di TK St.Nino Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Magang 1. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diketuai Theresia Alviani Sum, M.Pd bersama 5 orang mahasiswa, Elisabet Susanti Pange, Selviana Maria Eldis, Petronela Parera, Apolonia K.Fanti Oci dan Emiliana Gabriela.

Kegiatan PkM dilaksanakan dua hari yaitu Jumat-Sabtu (12-13/4/2019)di aula TK Santu Nino. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak kelompok A dan B dibantu para guru. Hari pertama kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi pentingnya mengembangakan kognitif dan motorik halus pada anak usia dini yang dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan bendera dari stik es krim sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatkan kedua perkembangan anak yaitu kognitif dan motorik halus anak. Pengembangan aspek kognitif, anak dapat mengetahui warna bendera Indonesia dan dari aspek motorik halus, anak dilatih untuk menggerakan jari dan mengontrol koordinasi antara mata dan tangan anak.

Kegiatan pembuatan bendera dari stik es krim ini menjadi salah satu cara kreatif agar pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi anak. Antusias anak dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik. Hal ini terbukti dari keseriusan dan keaktifan anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Para guru pun mendapatkan tambahan media pembelajaran untuk dapat dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran.

 

 

Penulis: Elisabet Susanti Pange

Editor: Theresia A. Sum

Descargar musica