Navigate / search

PkM Pembuatan APE dari Daun Pisang di PAUD Santo Mikael Kole

Daun pisang dalam kuliner Nusantara memiliki peran utama sebagai pendukung dekorasi, pelengkap, dan pengemas bahan makanan. Selain itu, daun pisang digunakan pada berbagai kegiatan keagamaan dan dapat digunakan untuk pelatihan menganyam yang dilakukan oleh anak-anak saat bermain.

Namun di PAUD Santo Mikael Kole belum memanfaatkan daun pisang dalam pengembangan motorik halus anak. Hal ini karena 3 orang guru yang berada di PAUD St. Mikael Kole tidak berkualifikasi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini sehingga pengetahuan yang berkaitan dengan ke-6 aspek perkembangan anak usia dini masih kurang. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada di PAUD St. Mikael Kole juga masih minim baik alat permainan Indoor maupun outdoor.

Terkait dengan masalah di atas, solusi yang ditawarkan adalah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MENGANYAM DARI DAUN PISANG MENJADI TIKAR DI PAUD SANTO MIKAEL KOLE”.

Kegiatan  ini diketuai oleh Theresia Alviani Sum,M.Pd yang dibantu oleh beberapa mahasiswa: Elfrida H Noben, Felisiana Senau, Gudelia Wusu dan Yosefina Asti Nalut. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada 22-24 November 2018 yang diikuti oleh semua guru dan anak-anak PAUD St. Mikael Kole. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan aspek perkembangan motorik halus anak.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dengan metode sosialisasi, pelatihan dan praktik menganyam dari daun pisang kepada anak-anak. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para guru dapat menghasilkan alat permainan edukatif yang menarik dan bervariasi.

Descargar musica