Navigate / search

Prodi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng Menghadiri Seminar Nasional dan Konferensi APG PAUDI

Pada tanggal, 5 – 7 Mei 2017 telah dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dan Konferensi Asosiasi Program Studi Pendidikan Guru PAUD Indonesia (APG PAUDI). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeringati bulan Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru PAUD FIP Universitas Negeri Surabaya (Unnesa). Jurusan PG PAUD FIP Unnesa menyelenggarakan kegiatan ini bekerjasama dengan Asosiasi PG PAUD Indonesia. Oleh karena itu, pengurus APG PAUDI juga terlibat dalam kegiatan ini yakni Ibu Dr. Sofia Hartati, M.Si sebagai Ketua Asosiasi PG PAUD Indonesia dan Ibu Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes sebagai Sekjen APG PAUDI serta anggota pengurus yang lain. Karena kegiatan ini melibatkan APG PAUD Indonesia, maka setiap LPTK yang mempunyai jurusan atau Program Studi Pendidikan Guru PAUD juga diundang untuk terlibat dalam kegiatan ini. Setiap jurusan atau program studi mengutus dua atau lebih utusan sebagai peserta.

Berdasarkan data yang dihimpun panitia bahwa ada 52 Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang hadir dalam kegiatan Seminar Nasional dan Konferensi APG PAUDI ini. Menurut Ketua Asosiasi APG PAUDI, kegiatan kali ini yang dihadiri oleh banyak peserta. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk meletakkan dasar yang kuat bagi pengembangan keilmuan PAUD. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Saifullah Yusuf selaku Wakil Gubernur Jawa Timur dan didampingi panitia serta pengurus APG PAUD Indonesia.
Program Studi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng mengutus Ketua Program Studi (Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd) dan Sekretaris Program Studi (Ferdinandus Arifin Sulaiman, M.Pd) untuk menghadiri kegiatan ini. Setiap peserta menyiapkan makalah pembanding terkait dengan tema-tema yang berkarakteristik PAUD. Peserta yang sudah mengirimkan naskah ke panitia wajib mempresentasikannya dihadapan semua peserta. Semua makalah dalam seminar nasional ini dipublikasikan dalam sebuah Prosiding. Tema umum kegiatan Seminar Nasional adalah “Penguatan kemitraan akademisi, satuan pendidikan PAUD, pemerintah, keluarga dan masyarakat menuju profesionalisme pendidik PAUD”. Kegiatan Seminar Nasional menghadirkan sejumlah narasumber yakni Sumarna Surapranata, Ph.D (Keynote Speaker dan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan); Dr. Sukiman, M.Pd (Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga). Sedangkan Konferensi APG PAUDI mendalami tema “Peran Akademisi Dalam Mempersiapkan Peningkatan Kompetensi Pendidikan PAUD. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan konferensi APG PAUDI ini adalah Prof Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, MA (Keynote Speaker dan Direktur Karier dan Kompetensi SDM) dan Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd (Unesa).
Kegiatan Seminar Nasional dan Konferensi APG PAUDI ini sangat urgen dan strategis bagi penguatan kemitraan akademisi, satuan pendidikan PAUD, pemerintah, keluarga dan masyarakat menuju profesionalisme pendidik PAUD. Selain itu, semua Prodi PG PAUD yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mendapat sejumlah input untuk mempersiapkan diri bagi peningkatan kompetensi pendidik PAUD. Kegiatan konferensi APG PAUDI diisi juga dengan pembahasan hal-hal penting yang terkait dengan core competence (capaian pembelajaran) dan kurikulum PAUD, deskripsi Profil PG PAUD, body knowledge PG PAUD, bahan kajian mata kuliah yang diajarkan di setiap Prodi PG PAUD, serta rencana penerbitan Jurnal PAUD Indonesia. Kegiatan ini sangat membantu setiap Program Studi PG PAUD se-Indonesia untuk memiliki pedoman kurikulum yang sama dan seragam sambil mengakomodir karakteristik setiap program studi. Dengan demikian, semua Program Studi PG PAUD yang menjadi anggota APG PAUD Indonesia mempunyai paradigma keilmuan PAUD yang sama. Selain itu, semua anggota APG PAUD Indonesia dapat membangun kerja sama yang konstruktif dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat, serta lebih mudah untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait dengan upaya pengembangan kompetensi pendidik PAUD. Dengan itu, para mahasiswa calon pendidik Anak Usia Dini yang ada di setiap program studi PG PAUD dipersiapkan secara lebih terencana, berkualitas dan profesional. Jika demikian, maka harapan semua anggota Asosiasi PG PAUD Indonesia untuk terwujudnya pendidik PAUD yang andal, solid, berkarakter dan profesional dapat terrealisasi dengan baik.
Semua anggota APG PAUDI yang hadir dalam kegiatan ini berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dan mempersiapkan pendidik PAUD supaya memiliki kompetensi profesional, pedagogik, personal, dan sosial. (Tim Publikasi Prodi PG PAUD).

Descargar musica