Navigate / search

Sejarah

Suatu program studi didirikan sebagai bagian dari upaya pengembangan pelayanan perguruan tinggi bagi masyarakat. Upaya ini sekaligus juga untuk menjawabi tuntutan tujuan pendidikan nasional sebagaimana diamanahkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional  Bab II Pasal 3 (Undang-Undang Sikdinas Nomor 20 Tahun 2003)  yang menyatakan bahwa:

“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk menembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

 

Mengacu pada tujuan pendidikan nasioal tersebut, maka STKIP Santu Paulus Ruteng merasa terpanggil untuk mengembangkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat dengan membuka sejumlah program studi baru.STKIP Santu Paulus Ruteng menyadari bahwa dengan membuka sejumlah program studi baru, maka kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan dapat terwujud.

Sejarah Program Studi PG PAUD tidak dapat dilepaskan dari sejarah STKIP Santu Paulus Ruteng. Cikal-bakal STKIP Santu Paulus Ruteng bermula dari pembukaan Kursus Pendidikan Kataketik (KPK) pada tahun 1959. Pada tahun 1968, lembaga kursus ini menjadi lembaga pendidikan formal dengan nama Akademi Pendidikan Kataketik (APK). Pada tahun 1969, APK mendapat status TERDAFTAR; pada 1974 mendapat status DIAKUI, dan pada tahun 1981 memperoleh status DISAMAKAN.

Sejak 1986, lembaga ini menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Katekis Santu Paulus dengan program studi jenjang D-III berdasarkan SK Mendikbud Nomor 0360/O/1986. Strata pendidikan berubah dari D-III menjadi S-1 pada tahun 1991 dengan status TERDAFTAR berdasarkan SK Mendikbud Nomor 0457/O/1991 pada 8 Agustus 1991. Perubahan status menjadi STKIP dan S-1 membuka peluang bagi lembaga untuk mengembangkan jurusan-jurusan lain secara bertahap.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan diri dengan kesanggupan lembaga dan regulasi di tingkat nasional, STKIP Santu Paulus Ruteng membuka jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 1997 berdasarkan SK Mendikbud Nomor 365/DIKTI/Kep./1997 pada 12 September 1997.

Pada tahun 2003, STKIP St.Paulus Ruteng membuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berjenjang D-II berdasarkan SK Dirjen DIKTI Mendikbud Nomor 1253/D/T/2003 dan berubah jenjang menjadi S-1 pada tahun 2007 berdasarkan SK Dirjen DIKTI Mendikbud Nomor 1950/D/T/2007 pada 19 Juli 2007.  Program ini dibuka karena kebutuhan masyarakat dan respons lembaga terhadap tuntutan nasional terhadap strata pendidikan guru-guru SD.

Pada tahun 2009, PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng bersama FKIP Undana di NTT diberi mandat oleh Kemendikbud untuk menyelenggarakan Program Kualifikasi Guru dalam Jabatan bagi guru-guru SD di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, dan Nagekeo berdasarkan SK Kemendiknas Nomor 015/P/2009.

Terdorong oleh semangat untuk melayani kebutuhan masyarakat akan pendidikan, maka pada tahun 2010 diproses lagi pembukaan tiga (3) program studi yakni, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG.PAUD). Selama tiga (3) tahun, lembaga ini berusaha agar program-program ini diberi izin operasional. Akhirnya pada tahun 2013, program-program ini berhasil mendapat izin operasional.

Izin operasional ini ditindaklanjuti oleh STKIP Santu Paulus Ruteng dengan menyelenggarakan secara resmi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG.PAUD) pada tahun akademik 2013/2014 pada tanggal 25 Oktober 2013. Pembukaan Prodi PG PAUD ini tentu memiliki tujuan yakni untuk mempersiapkan calon guru, pengasuh dan pengelola lembaga PAUD (TK/RA dan KB). Dengan itu, layanan pendidikan yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini bisa terwujud.

Pendirian Prodi PG PAUD ini mempunyai dasar hukum berupa surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 549/E/0/2013 tanggal 25 Oktober 2013tentang izin Penyelenggaraan Program-program Studi pada STKIP Santu Paulus Ruteng di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Keputusan itu memberikan Izin penyelenggaraan program-progam studi pada STKIP Santu Paulus Ruteng di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, yang diselenggarakan oleh Yayasan Santu Paulus Ruteng yakni Program Sarjana (S-1) untuk Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG. PAUD). Surat Keputusan ini disahkan berdasarkan SK Menkumham Nomor Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-939.AH.01.04.Tahun 2011. Izin Penyelenggaraan program studi ini harus menghasilkan lulusan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Descargar musica