Navigate / search

Tujuan

Tujuan Program Studi PGPAUD STKIP Santu Paulus Ruteng  adalah (1) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang memiliki kemampuan emosional, sosial dan spiritual serta mempunyai  wawasan, sikap dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan proses dan pelaksanaan pendidikan di PAUD, (2) menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat, (3) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang seluruh dimensi perkembangan anak usia dini, serta memiliki kompetensi dalam mendidik dan mengajar anak usia dini, baik di TK, Kelompok Bermain, dan Tempat Penitipan Anak, (4) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang mampu mengembangkan kurikulum pendidikan anak usia dini, (5) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan anak usia dini yang inovatif dan kontekstual sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, (8) menghasilkan sarjana pendidik anak usia dini yang kompeten, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

Tujuan ini dapat dicapai melalui bidang kegiatan berikut ini, yakni :

  1. Bidang Penerimaan, Perluasan, dan Pemerataan
  1. Membuka kesempatan bagi setiap calon mahasiswa yang berminat mempelajari ilmu kependidikan yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini (PAUD)
  2. Menyelenggarakan sistem penerimaan yang bermutu, inklusif, dan kompetetif melalui penjaringan dan penyaringan dalam kerja sama dengan pihak-pihak terkait.
  3. Membuka kesempatan belajar bagi (calon) mahasiswa yang berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomis
  4. Memfasilitasi dan meningkatkan daya tampung mahasiswa.
  5. Menyelenggarakan layanan administrasi dan pembelajaran yang merata, adil, dan terbuka.
  6. Memperluas akses layanan administrasi dan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  1. Bidang Penanaman dan Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing
  1. Menanamkan dan meningkatkan mutu sistem penjaringan dan penyaringan calon mahasiswa
  2. Meningkatkan mutu dosen melalui pengembangan diri dan studi ke jenjang berikut
  3. Meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  4. Meningkatakan relevansi kegiatan akademik bagi masa depan mahasiswa
  5. Meningkatkan dana pendidikan
  6. Memfasilitasi, mendayagunakan dan meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan
  7. Merancang, menyesuaikan, dan meningkatkan relevansi kurikulum Program Studi
  8. Menggiatkan dan meningkatkan karya penelitian yang bermutu dalam ilmu kependidikan yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini (PAUD)
  9. Menggiatkan dan meningkatkan aktivitas dan produktivitas publikasi ilmiah dosen dan atau mahasiswa
  10. Mengamalkan ilmu kependidikan yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) secara profesional
  1. Bidang Penanaman & Pemantapan Kelembagaan
  1. Menanamkan dan memperkuat kapasitas kelembagaan
  2. Menanamkan dan memperkuat kapasitas keorganisasian lembaga
  3. Menanamkan dan memperkuat sistem penyelenggaraan pendidikan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Menanamkan dan memperkuat sistem manajemen sumber daya manusia
  5. Menanamkan dan memperkuat mutu pengelolaan kurikulum progam studi

Menanamkan dan memperkuat citra publik Program Studi melalui penyelenggaraan dan pengamalan ilmu kependidikan yang terkait dengan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Descargar musica