Navigate / search

PROGRAM MAGANG 2 DI TK NEGERI REO

Magang 2 di TK Negeri Reo Kecamatan Reok. Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng melaksanakan Program Magang 2 dari tanggal 29 Oktober s.d 30 November 2018. Salah satu kelompok mahasiswa melaksanakan program magang 2 di TK Negeri Reo. Program magang 2 ini menjadi momen untuk mengaplikasikan pengetahuan yang sudah diperoleh, memperoleh kemampauan awal calon pendidik dengan merasakan langsung proses pembelajaran di kelas (mengajar), pemantapan jati diri sebagai calon pendidik dan pembentukan karakter dan kecintaan terhadap profesi bagi mahasiswa calon  guru PAUD. Dengan kata lain, kegiatan magang 2 ini mengharuskan mahasiswa untuk bisa mengasuh, membimbing dan mengajar anak selama berada di lingkungan sekolah. Para mahasiswa juga dituntut untuk merancang perangkat pembelajaran dan mampu mempraktikkan perangkat pembelajaran yang sudah disusun bersama dengan guru-guru di sekolah dengan baik.

Para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang 2 di TK Negeri Reo, Kelurahan Bari, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai berjumlah empat (4) orang yaitu Agustina merci, Vinsensia Ikun, Angelina Purnawati Eda, dan Veronika Fantika Surni. Mahasiswa kelompok kerja magang di TK Negeri Reo ini didampingi oleh dosen pembimbing magang (DPM) yaitu  Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd. Program magang 2 yang berlangsung selama sebulan ini diawali dengan acara penyerahan mahasiswa magang 2 pada hari Jumat, 2 November 2018 bertempat di Kantor Sekolah TK Negeri Reo. Pada saat acara penyerahan ini, para mahasiswa program magang 2 yang didampingi oleh DPL diterima dengan senang hati oleh Ibu Ermelinda Setia sebagai kepala sekolah TK Negeri Reo dan para guru. Acara ini diawali dengan kapok secara adat oleh DPL sebagai tanda bahwa para mahasiswa akan memulai kegiatan magang 2 di TK Negeri Reo. Selain itu, para mahasiswa secara resmi dibimbing dan diarahkan oleh para guru TK Negeri Reo selama melaksanakan program magang 2.

Pada kesempatan penyerahan ini, DPL menyampaikan ucapan terimakasih kepada lembaga TK Negeri Reo yang sudah berkenan menerima permintaan Program Studi PG PAUD untuk menjadi salah satu lembaga yang akan menerima peserta magang 2. Lebih lanjut, DPL menyampaikan gambaran umum tentang kegiatan magang sebagai momen untuk memperoleh kemampuan awal calon pendidik dengan merasakan langsung mengajar atau proses pembelajaran di dalam kelas (sebagai asisten guru), untuk mengaplikasikan atau menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh di kampus, pemantapan jati diri mahasiswa sebagai calon pendidik pembentukan karakter dan kecintaan terhadap profesi bagi mahasiswa calon guru PAUD melalui pengamatan langsung terhadap kultur sekolah dan praktik mengajar di kelas. DPL mengharapkan agar para guru TK Negeri Reo dapat bekerjasama dengan para mahasiswa peserta magang 2 dan membimbing para mahasiswa dengan tulus selama pelaksanaan magang 2. Kepala Sekolah TK Negeri Reo juga mengucapkan terima kasih kepada pihak lembaga STKIP Santu Paulus Ruteng, khususnya Program Studi PG PAUD  yang telah mempercayakan dan memilih TK  Negeri  Reo  sebagai tempat pelaksanaan magang 2.

Selanjutnya, DPL melakukan monitoring dan penilaian pelaksanaan magang 2 di TK Negeri Reo yang dilaksanakan pada hari Jumat, 23 November 2018. Para mahasiswa peserta magang melaksanakan beberapa program kerja utama dan program kerja tambahan atau kegiatan alternatif. Beberapa kegiatan alternatif yang ditawarkan kepada sekolah yaitu ada 4 kegiatan. Kegiatan tambahan yang  berhasil dilaksanakan hanya ada 3 kegiatan yakni senam ceria bersama para guru dan anak-anak, gerak dan lagu (Mars PAUD) dan pembuatan hiasan dinding (Bunga Dan Kupu-Kupu). Sedangkan satu kegiatan lainnya tidak berhasil dilaksanakan yaitu kegiatan sekami. Ketiga kegiatan penunjang yang sudah dilakukan ini sangat penting untuk memotivasi mahasiswa supaya lebih kreatif. Sedangkan untuk kegiatan mars PAUD dan senam ceria dapat membatu anak-anak dalam perkembangan aspek fisik motorik, aspek kognitif, aspek seni, sosial emosional, moral agama dan bahasa. Kegiatan monitoring dan penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program magang 2.

Setelah program magang 2 berakhir, DPL melakukan kegiatan penarikan yang dilakukan pada hari Jumat 30 November 2018. Pada kesempatan ini, Tin, sebagai ketua kelompok magang 2 di TK Negeri Reo menyampaikan kesan tentang pelaksanaan magang 2. Menurut Tin, program magang 2 memberikan gambaran nyata bagi para mahasiswa tentang membimbing, mengasuh dan mengajar serta merasakan langsung proses pembelajaran anak usia dini saat di sekolah. Kepala Sekolah TK Negeri Reo juga menyampaikan kesan yakni peserta magang mudah beradaptasi dengan anak-anak, mampu mengaplikasikasikan pengetahuan khususnya dalam menyusun perangkat pembelajaran bersama guru dengan baik dan mampu mengaplikasikan atau menerapkan RPPM dan RPPH yang dibuat bersama. Selain itu, mahasiswa juga mudah berinteraksi dan menjadi dekat dengan anak, ”Anak-anak bahkan lebih dekat dengan mereka dari pada dengan  guru-guru asli disini” katanya sembari tersenyum”. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa para mahasiswa sangat kooperatif selama kegiatan magang berlangsung. Kepala Sekolah TK Negeri Reo mewakili para guru mengharapkan supaya para mahasiswa dapat mempertahankan pengetahuan yang diperoleh selama magang 2 dan menjadi guru atau pendidik anak usia dini yang berprofesional yang memiliki ke 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Mahasiswa mendapat catatan positif dari sekolah karena tidak menggunakan handphone saat pelaksanaan kegiatan kecuali untuk kepentingan dokumentasi, disiplin  berpakaian dan disiplin waktu.             Pada kesempatan ini, DPL juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar TK Negeri Reo yang telah membantu dan membimbing para mahasiswa selama program magang 2 sehingga program magang 2 sudah berjalan dengan baik. Pengalaman magang 2 tentu berdampak positif bagi pembentukan diri mahasiswa sebagai calon guru.

Penulis : Mahasiswa Magang 2 TK Negeri Reo

Editor  : Stephanus Turibius Rahmat

Descargar musica