Navigate / search

Rangkaian Kegiatan PKM Dosen Pendidikan Guru PAUD di Desa Momol Kecamatan Ndoso Ditutup dengan Perayaan Ekaristi dan Penandatanganan MoU

Rangkaian kegiatan PKM Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng berakhir pada hari Minggu, 30 Juli 2017. Kegiatan pada hari kelima ini ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Stephanus Turibius Rahmat, Pr. Dalam khotbahnya, Rm. Stevan menyampaikan pesan penting bahwa Tuhan adalah jawaban dari segala masalah dan persoalan yang dihadapi setiap manusia.

Pada kesempatan yang sama, Romo Stevan juga mengajak segenap umat yang mengikuti perayaan ekaristi untuk menyadari pentingnya pendidikan. Selain itu, Rm. Stevan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Momol yang telah menerima tim PKM Dosen dengan antusias.

Selanjutnya, Kepala Desa Momol membacakan komitmen bentuk keterlibatan orang tua di rumah dalam pengasuhan positif terhadap anak. Adapun 10 poinnya yakni (1) mengajak anak mengikuti ibadah/berdoa bersama anak, (2) membiasakan anak sarapan, (3) berpamitan sebelum bepergian, (4) menjemput/menyambut anak saat pulang sekolah, (5) memberikan rasa nyaman dan aman, (6) menjadi pendengar/berkomunikasi yang baik bagi anak, (7) mendampingi anak saat menonton TV, (8) mendampingi kegiatan belajar anak, (9) membiasakan anak hidup bersih dan sehat, dan (10) bermain bersama anak. Pembacaan pernyatan sikap dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari kepala desa Momol kepada Tim PKM Dosen yang diwakili oleh Rm. Stevan.

Setelah perayaan ekaristi selesai, rombongan Tim PKM Dosen beserta tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya mengikuti acara makan bersama di rumah adat Sano sekaligus sebagai tanda berakhirnya kegiatan. Rm. Stevan dalam kata penutupnya berharap agar kemitraan yang dibangun terus berjalan karena urusan pendidikan merupakan tugas bersama baik sekolah, keluarga, dan masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini pasti berdampak positif bagi masyarakat Desa Momol dan menjadi pengalaman yang berharga bagi Tim Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD. Sementara itu, kepala Desa Momol menyampaikan banyak terima kasih dan berharap kemitraan yang dibangun agar ke depannya dapat berkembang dalam aspek yang lebih luas seperti asistensi atau kegiatan pengabdian lainnya.

Pada akhir acara, Prodi Pendidikan Guru PAUD membuat MoU kerjasama dengan Desa Momol dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak masing-masing diwakili oleh Rm. Stera sebagai Ketua Prodi Pendidikan Guru PAUD dan Bapak Yuvens Maldi selaku Kepala Desa Momol serta disaksikan oleh semua undangan yang hadir.*(AA/PG PAUD)

Foto – Foto Kegiatan

Descargar musica