Navigate / search

STKIP Santu Paulus Ruteng Memenangkan Salah Satu Bidang PKM-M KEMENRISTEKDIKTI

Pada awal tahun 2019 ini, STKIP Santu Paulus Ruteng kembali meraih prestasi dengan memenangkan salah satu  program Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yakni Program Kreativitas Masayarakat (PKM). Informasi ini diperoleh berdasarkan surat Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi  Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Nomor B/81/B.B3/KM.02.01/2019 Perihal : Pengumuman Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2019. Dalam surat pengumuman tersebut dicantumkan hasil seleksi proposal PKM dan pendanaan tahun anggaran 2019. STKIP Santu Paulus Ruteng tercatat sebagai salah satu pemenang dalam bidang PKM-M.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Simbelma Ristekdikti). Program ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menggali potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan berbagai bidang ilmu yang telah diperoleh serta dipelajarinya kepada masyarakat luas. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030. Selain itu, PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan dalam rupa PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif. Dengan hadirnya bidang PKM-GFK,  maka PKM Tahun 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni: (1) PKM 5 Bidang yang terdiri dari PKM-Penelitian/PKM-P, PKM-Penerapan Teknologi/PKM-T, PKM-Kewirausahaan/PKM-K, PKM-Pengabdian kepada Masyarakat/PKM-M; (2) PKM-KT yang teridir dari PKM Artikel Ilmiah/PKM-AI dan PKM Gagasan Tertulis/PKM-GT; dan (3) PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif/PKM-GFK.

(STKIP Santu Paulus Ruteng selalu berkomitmen
untuk mendidik mahasiswa berkualitas, berkarakter dan berdaya saing tinggi)

STKIP Santu Paulus Ruteng telah memenangkan PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dengan judul “Permainan Tradisional Manggarai Sebagai Salah Satu Media untuk  Meningkatkan Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TKK Dharma Wanita Ruteng, Kecamatan Langke Rembong. PKM-M ini diketuai oleh mahasiswa yang bernama Elfrida Angel Listra dengan NIM: 16315057. Mahasiswa ini berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PKM-M yang dimenangkan tersebut didampingi oleh Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil.,M.Pd. Selanjutnya, PKM-M yang lolos seleksi akan mulai melakukan kegiatan pada lokasi yang telah ditentukan. Proficiat tim mahasiswa yang telah memenangkan hibah PKM-M ini.

Descargar musica