Navigate / search

Tim PKM Dosen Pendidikan Guru PAUD Mengadakan Pelatihan Pembuatan APE bagi Guru PAUD di Desa Momol Kecamatan Ndoso

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) STKIP St. Paulus Ruteng pada hari keempat  pelaksanaan PKM (Jumat, 28/07/2017) mengadakan pelatihan pembuatan alat permainan edukatif (APE) bagi guru PAUD yang dilaksanakan di Poskesdes Desa Momol.

Kegiatan pelatihan pembuatan APE bagi guru PAUD dipandu oleh Beata Palmin, M.Pd., Maria Rahayu Anwar, M.Pd., dan Elisabeth Sarinastitin, M.Pd. serta tujuh mahasiswa yang terlibat dalam PKM Dosen. Kegiatan pelatihan pembuatan APE berupa seni melipat origami, pembuatan APE dari bahan alam, dan pembuatan APE dengan memanfaatkan barang bekas.

Melalui seni melipat origami, para guru dapat menghasilkan berbagai bentuk lipatan seperti pakaian, burung, dan kupu-kupu. Sementara itu dalam pembuatan APE berbahan alam, guru dapat memanfaatkan sumber dari alam sebagai alat permainan edukatif seperti membuat bingkai dan meronce gelang. Sedangkan dalam pembuatan APE dari bahan bekas, guru dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti kardus dan botol untuk mencocokkan bentuk, mengenal pola dan sebagainya.

Para guru terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Hal ini  tampak dari semangat mereka yang mengikuti pelatihan pembuatan APE sampai selesai. Hasil kegiatan pelatihan pembuatan APE kemudian dipajang di gedung sekolah PAUD Mekar Madya Momol.*(AA/PG PAUD)

Foto – Foto Kegiatan

Descargar musica