Navigate / search

Tim PKM Dosen PG PAUD Mengadakan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi Guru PAUD dan Stimulasi AUD di Desa Momol Kecamatan Ndoso

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) STKIP St. Paulus Ruteng mengisi hari kedua  (Jumat, 28/07/2017) dari rangkaian kegiatan PKM dengan mengadakan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran untuk para guru PAUD dan pengelola PAUD serta stimulasi perkembangan Anak Usia Dini (AUD). Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yang berbeda. Penyusunan perangkat pembelajaran dilaksanakan di Poskesdes Desa Momol dan kegiatan stimulasi dilaksanakan di gedung sekolah PAUD Mekar Madya.

Kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran PAUD bagi guru PAUD dipandu oleh Adriani T. I. Talu, M.Pd., Maria F. M. Angkur, M.Pd., dan Theresia A. Sum, M.Pd. Kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran diawali dengan penjelasan singkat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan kemudian sharing dengan para guru PAUD. Selanjutnya, peserta dipandu untuk menyusun Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) serta bentuk-bentuk penilaian di PAUD. Setelah mengikuti kegiatan ini, para guru diharapkan dapat menyusun perangkat pembelajaran dengan baik.

Sementara itu, kegiatan stimulasi perkembangan AUD dikoordinir oleh Beata Palmin, M.Pd. dan Gervasius Adam, M.Or. serta dipandu oleh beberapa mahasiswa yang terlibat dalam PKM Dosen. Kegiatan stimulasi diisi dengan senam ceria dan permainan circuit training untuk meningkatkan motorik kasar anak seperti kelincahan, koordinasi, kecepatan, keseimbangan, kekuatan, reaksi dan kelenturan.*(AA/PG PAUD)

Foto – Foto Kegiatan

 

Descargar musica