Navigate / search

TIM PkM DOSEN PRODI PG PAUD MELAKSAKAN PENDAMPINGAN AUD DI DESA BANGKA KENDA

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD (Prodi PG PAUD) STKIP Santu Paulus Ruteng melaksanakan pendampinagan Anak Usia Dini (AUD) tanggal 1 dan 2 Desember 2017 di Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Ri’i. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan beberapa mahasiswa PG PAUD.
Kegiatan PkM ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Bangka Kenda, Paskalis Katang, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng yang melaksanakan kegiatan ini di Desa yang ia pimpin. Kegiatan ini dilihat sebagai sebuah upaya pendidikan tinggi untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat. Lebih lanjut, beliau berharap agar kegiatan PkM ini dapat memberikan manfaat yang berharga bagi anak-anak usia dini di desanya. Disampaikan juga bahwa pemilihan desa Bangka Kenda oleh Prodi PG PAUD merupakan sesuatu yang tepat karena pelayanan bagi anak-anak usia dini dinilai masih sangat minim.
Sementara itu, Stephanus Turibius Rahmat, S.Fil, M.Pd selaku ketua Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Bangka Kenda beserta perangkatnya karena telah menerima Tim PkM Dosen Prodi PG PAUD dan beberapa mahasiswi untuk melaksanakan kegiatan PkM di sana. Dalam sambutannya, Romo Stera menekankan bahwa pelayanan pendidikan untuk anak usia dini sangat penting terutama dalam menyongsong masa depan bangsa yang cemerlang. Pelayanan yang positif melalui pendampingan Tim Dosen dan mahasiswa dari Prodi PG PAUD diharapkan dapat membantu anak di desa Bangka Kenda agar sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.
Bentuk kegiatan PkM yang melibatkan seluruh Dosen pada Prodi PG PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng dan beberapa mahasiswa ini adalah pendampingan dan pelayanan AUD dalam dua kelompok usia yakni usia 2-4 tahun dan 5-7 tahun.
Kegiatan pertama adalah senam ceria yang melibatkan seluruh anak. Kegiatan selanjutnya adalah aktivitas bermain yang disesuaikan dengan kelompok usia. Kegiatan ini dipandu oleh Tim Dosen dan mahasiswa Prodi PG PAUD.
Pada kesempatan yang sama, beberapa dosen prodi PG PAUD memberikan pelayanan dan diskusi bersama bagi guru-guru PAUD di Desa Bangka Kenda. Bentuk pendampingannya adalah berupa penyusunan perangkat pembelajaran di PAUD. Dalam sesi ini, para guru PAUD didampingi untuk dapat menyusun perencanaan pembelajaran baik yang bersifat semesteral (Program Semester/ PROSEM), Mingguan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan/ RPPM), dan Harian (Rencana pelaksanaan Pembelajaran Harian/ RPPH).
Pada acara penutup yang dilaksanakan di Kantor Desa Bangka Kenda, Kepala Desa Bangka Kenda dan Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng bersepakat dan menilai bahwa kegiatan PkM ini memberikan manfaat yang positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia ini. Diharapkan pula bahwa kegiatan ini dapat berlanjut pada PkM-PkM berikutnya. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Desa Bangka Kenda dan Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Santu Paulus Ruteng.

Peliput dan Penulis : Deddy Sulaiman dan Ayu Anwar

Dosen Peserta PkM
Dosen Peserta PkM
Para Dosen bersama anak-anak usia dini
Para Dosen bersama anak-anak usia dini
Kegiatan bersama AUD
Kegiatan bersama AUD
Bermain bersama  AUD
Bermain bersama  AUD
Permainan AUD
Permainan AUD
Para Dosen bersama Guru PAUD di Kenda
Para Dosen bersama Guru PAUD di Kenda
Para Dosen mendamping Guru PAUD
Para Dosen mendamping Guru PAUD
MoU Kerja  sama dengan Desa Bangka Kenda
MoU Kerja  sama dengan Desa Bangka Kenda
Descargar musica