Navigate / search

Tim PKM Dosen Prodi PG PAUD Melaksanakan Kegiatan Edukasi Masyarakat Desa Momol untuk Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya PAUD

Kegiatan hari pertama Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) STKIP St. Paulus Ruteng yang bertema “PAUD dan Layanan Positif bagi Masyarakat Desa Momol, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai” berlangsung di gedung sekolah PAUD Mekar Madya Momol. Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh adat, pengelola PAUD, para guru PAUD, Guru SD, Guru SMP dan SMA, serta para orang tua anak usia dini (Kamis, 27/07/2017).

Kegiatan PKM dibuka secara resmi oleh kepala UPTD Kecamatan Ndoso, Bapak Nobertus Jon. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan PKM Dosen ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Momol khususnya layanan PAUD. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, serta meningkatkan mutu pendidikan di Desa Momol.

Senada dengan yang disampaikan kepala UPTD, Kepala Desa Momol, Bapak Yuvensius Maldi, SE. dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya kegiatan PKM Dosen. Melalui kegiatan yang akan dilaksanakan, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan mengetahui bentuk-bentuk keterlibatan orang tua serta pengasuhan positif terhadap anak. Kegiatan ini juga sangat membantu dalam memperbaiki penyelenggaraan PAUD yang ada di Desa Momol agar dapat menyelenggarakan PAUD sesuai standar regulasi penyelenggaraan PAUD yang ditetapkan pemerintah.

Sementara itu, Romo Stephanus Turibius Rahmat selaku Ketua Prodi Pendidikan Guru PAUD dalam sambutannya menyampaikan pentingnya PKM, baik bagi dosen sendiri maupun bagi masyarakat. Program Studi Pendidikan Guru PAUD membangun kemitraan melalui PKM dan kemitraan yang dibangun dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). Pada kesempatan yang sama, Romo Stevan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menerima tim PKM Dosen dengan baik dan berharap kegiatan yang akan dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Momol.

Kegiatan hari pertama diisi dengan kegiatan edukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya PAUD. Kegiatan ini berupa penyampaian materi dari tiga orang tim dosen masing-masing dengan judul “Penyadaran Masyarakat Desa Momol tentang Pentingnya Pendidikan pada Trisentra Lingkungan Pendidikan” yang disampaikan oleh Stephanus T. Rahmat, S.Fil., M.Pd., “Edukasi Masyarakat Desa Momol Kecamatan Ndoso untuk Meningkatkan Keterlibatannya dalam Pendidikan” oleh Fransiskus De Gomes, S.Fil., M.Pd., dan “Pengasuhan Anak Melalui Komunikasi yang Efektif dan Disiplin Positif” yang disampaikan oleh Ferdinandus A. Sulaiman, M.Pd.*(AA/PG PAUD)

Foto – Foto Kegiatan

Descargar musica