Navigate / search

TK PERSATUAN REO MELATIH SISWA MENCINTAI KEBERSIHAN

TK Persatuan Reo merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berada dibawah naungan Yayasan Sukma Keuskupan Ruteng menyelenggarakan sejumlah banyak kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan selama ini adalah kebersihan lingkungan Sekolah. Para Siswa TK Persatuan Reo dilibatkan secara aktif dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk menanamkan nilai kebersihan sejak dini. Kegiatan membersihkan lingkungan sekolah ini dilaksanakan pada setiap hari sabtu pada pukul 08.00 WITA.

Kegiatan ini dilaksanakan sebelum acara makan bersama anak-anak TK. Atas dasar itulah, TK Persatuan Reo tidak melaksanakan pembelajaran pada setiap hari Sabtu. Kegiatan kebersihan lingkungan sekolah ini melibatkan semua pihak, yaitu Kepala Sekolah, Guru-guru, operator Sekolah, dan anak-anak. Para siswa TK Persatuan Reo sangat antusias untuk mengikuti kegiatan membersihkan lingkungan sekolah ini. Setiap anak memungut sampah dan menempatkan sampah pada tempat yang sudah disiapkan sekolah. Para mahasiswa peserta magang 2 dipercayai untuk membimbing anak-anak TK Persatuan Reo supaya saling kerja sama dengan teman-teman yang lain. Dengan kegiatan ini, anak-anak TK Persatuan Reo belajar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kepala Sekolah TK Persatuan Reo mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan kebersihan lingkungan sekolah dan meningkatkan kerja sama antara anak dengan teman-teman yang lain. Selain itu, Ibu Yovita menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan supaya anak-anak sejak dini dibekali dengan nilai kebersihan lingkungan sekolah. Dengan itu, para siswa mampu menjaga dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Setelah  kegiatan membersihkan lingkungan sekolah ini, para siswa melanjutkan kegiatan wajib yaitu kegiatan makan siang bersama di sekolah. Pada setiap hari Sabtu, para siswa wajib membawa makanan masing-masing ke sekolah. Sebelum para siswa  makan, mahasiswa peserta magang 2 mengarahkan anak-anak terlebih dahulu untuk berdoa. Dengan kegiatan seperti ini, para siswa dapat menghidupkan nilai kebersamaan dan persaudaraan dan rela berbagi, kepedulian di antara sesama para siswa, para guru. Contohnya yaitu jika ada siswa yang tidak membawa makanan ke sekolah, teman-teman siswa yang lain dapat membagi makanannya kepada teman yang lain. Para siswa dapat pulang ke rumah setelah makan dan doa bersama.

Penulis : Emerensiana Purnawati Nanur

Edior : Stephanus T. Rahmat

Descargar musica